Pengaruh media promosi dengan followers, fans, friends and family terhadap motivasi nasabah menabung di Bank Syariah Indonesia Kc Kota Palangka Raya 1

Sara, Fitri Al (2022) Pengaruh media promosi dengan followers, fans, friends and family terhadap motivasi nasabah menabung di Bank Syariah Indonesia Kc Kota Palangka Raya 1. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI FITRI AL SARA-1704110153.pdf

Download (2MB)

Abstract

Salah satu media promosi dengan followers, fans, friendss and family yang digunakan oleh bank syariah Indonesia untuk mencapai tujuan dari bagian promosi itu sendiri. Nasabah yang menabung di Bank Syariah Indonesia itu memenuhi kebutuhan jasa bank yang sesuai dengan syariat Islam. Menabung di Bank bagus untuk dimasa yang akan datang dan unuk mempersiapkan hal hal yang tidak terduga yang akan terjadi. Untuk ini penelitian akan difokuskan pada pengaruh media promosi dengan followers, fans, friendss and family terhadap motivasi menabung nasabah di Bank Syariah Indonesia KC Palangka Raya 1 bertujuan mengetahui pengaruh followers, fans, friendss and family terhadap motivasi menabung nasabah di Bank Syariah Indonesua KC Palangka Raya 1 dengan teknik analisis berganda, uji F dan uji t dengan menggunakan program SPSS 25.

Pendekatan penelitian dengan kuantitatif. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian expost facto. Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan secara langsung dilapangan atau bisa disebut dengan file research. Populasi penelitian ini adalah seluruh nasabah Bank Syariah Indonesia KC Palangka Raya 1 yaitu berjumlah 841. Sedangkan sampel penelitian ini berjumlah 90 responden nasabah dan dari jumlah responden tersebut diberikan angket untuk dijawab. Metode pengumpulan data analisis menggunakan angket.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan X1 berpengaruh signifikan terhadap motivasi nasabah menabung sebesar 87% dengan nilai thitung 0,005<0,05, X2 berpenagruh signifikan terhadap motivasi nasabah menabung sebesar 22,8% dan nilai thiung 0,000 < 0,05, X3 berpengaruh signifikan terhadap motivasi nasabah menabung sebesar31,4% dan nilai thitung 0,000<0,05, X4 berpengaruh signifikan terhadap motivasi nasabah menabung sebesar 14,3% dan nilai thitung 0,000 < 0,05. Hasil penelitian yang paling berpengaruh signifikan terhadap motivasi nasabah menabung yaitu X1 (Followers) dengan nilai thitung sebesar 2,891 dan nilai signifikan sebesar 0,005<0,05 dengan demikian H1 diterima. X2, X3, X4 juga berpengaruh terhadap motivasi menabung nasabah di Bank Syariah Indonesia KC Palangka Raya 1. Hasil penelitian ini juga menunjukkan hasil R Square sebesar 0,399 yang dapat diartikan bahwa variabel followers, fans, friendss, and family mempunyai pengaruh sebesar 39,9% terhadap motivasi nasabah sedangkan 60,1% dipengaruhi factor-faktor variabel lainnya.

ABSTRACT

One of the promotional media with followers, fans, friends and family used by Indonesian Islamic banks to achieve the goals of the promotion section itself. Customers who save at Bank Syariah Indonesia fulfill the needs of bank services in accordance with Islamic law. Saving in the bank is good for the future and to prepare for the unexpected that will happen. For this purpose, this research will focus on the effect of promotional media with followers, fans, friends and family on the motivation of saving customers at Bank Syariah Indonesia KC Palangka Raya 1 aimed at knowing the effect of followers, fans, friends and family on the motivation of saving customers at Bank Syariah Indonesia KC Palangka Raya. 1 with multiple analysis techniques, F test and t test using the SPSS 25 program.

Research approach with quantitative. This type of research is an ex post facto type of research. This research is research that is carried out directly in the field or can be called file research. The population of this study were all customers of Bank Syariah Indonesia KC Palangka Raya 1, which amounted to 841. While the sample of this study amounted to 90 customer respondents and from that number of respondents were given a questionnaire to answer. The method of collecting data was analysis using a questionnaire.

The results of this study indicate that X1 has a significant effect on customer motivation to save by 87% with a tcount value of 0.005 <0.05, X2 has a significant effect on customer motivation to save by 22.8% and a thiung value of 0.000 <0.05, X3 has a significant effect on motivation. customers save by 31.4% and the value of tcount 0.000 <0.05, X4 has a significant effect on the motivation of customers to save by 14.3% and the value of tcount 0.000 <0.05. The results of the study that have the most significant effect on the motivation of customers to save are X1 (Followers) with a tcount of 2.891 and a significant value of 0.005 <0.05, thus H1 is accepted. X2, X3, X4 also affect the motivation to save customers at Bank Syariah Indonesia KC Palangka Raya 1. The results of this study also show the R Square of 0.399 which means that the variables followers, fans, friends, and family have an influence of 39.9% on customer motivation while 60.1% is influenced by other variable factors.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Promosi; Bank Syariah Indonesia
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
TAJUK SUBJEK ISLAM > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 11 Dec 2023 06:44
Last Modified: 11 Dec 2023 06:44
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5094

Actions (login required)

View Item View Item