Pengaruh kualitas layanan buka rekening online terhadap minat masyarakat untuk menabung di Bank Syariah Indonesiakantor Cabang Palangka Raya 1

Marpuah, Tabiyatul (2022) Pengaruh kualitas layanan buka rekening online terhadap minat masyarakat untuk menabung di Bank Syariah Indonesiakantor Cabang Palangka Raya 1. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI Tabiyatul Marpuah 1704110132.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat di dunia, dengan banyaknya pengguna internet yang juga mendorong dunia usaha untuk semakin maju dan berkembang. Internet merupakan media untuk transaksi jual beli, perkembangan dunia yang serba digital ini ditandai dengan maraknya penggunaan telepon seluler yang lebih sering disebut dengan smartphone. Maka dari itu, muncullah layanan perbankan syariah belakangan ini dengan dibukanya rekening era digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas layanan buka rekening online berpengaruh positif dan signifikanterhadap minat masyarakat untuk menabung di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Palangka Raya 1.

Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dengan program SPSS versi 22.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk pembukaan rekening online berpengaruh positif terhadap minat masyarakat untuk menabung sebesar 51%, dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,866 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Semakin baik kualitas layanan pembukaan rekening online di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Palangka Raya 1, maka minat masyarakat untuk menabung juga meningkat.

ABSTRACT

This research is motivated by the very rapid development of information technology in the world, with many internet users who also encourage the business world to be more advanced and developed. The internet is a medium for buying and selling transactions, the development of an all-digital world is marked by the widespread use of cellular phones, which are more often referred to as smartphones. Therefore, Islamic banking services have emerged recently with the opening of digital era accounts. This study aims to determine whether the quality of online account opening products has a positive and significant impact on people’s interest in saving at Bank Syariah Indonesia Palangka Raya 1 Branch Office.

The type of research used in this research is field research using quantitative methods. The data analysis technique used was simple linear regression analysis with SPSS version 22 program.

The results showed that online account opening products had a postive effect on people’s interest in saving by 51%, with a regression coefficient value of 0,866 with a significance value of 0,000 < 0,05. The better the quality of online account opening products at Bank Syariah Indonesia Palangka Raya 1 Branch Office, the public’s interest in saving also increases.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kualitas layanan; Bank Syariah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
TAJUK SUBJEK ISLAM > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 08 Dec 2023 08:36
Last Modified: 11 Dec 2023 04:25
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5078

Actions (login required)

View Item View Item