Pengaruh kualitas layanan e-banking terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia Kc Palangka Raya 1

Amirudin, Muhamad (2022) Pengaruh kualitas layanan e-banking terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia Kc Palangka Raya 1. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI MUHAMAD AMIRUDIN & 1604110078.pdf

Download (1MB)

Abstract

Layanan E-Banking tidak hanya berlaku bagi pebisnis namun juga bagi masyarakat umum sebagai nasabah bank. Pengembangan terhadap kualitas E-Banking juga harus diimbangi dengan pengetahuan nasabah mengenai penggunaan E-Banking, hal ini sangat berpengaruh bagi nasabah dalam hal minat pengguna E-Banking, sehingga perbankan harus bekerja keras untuk memberikan informasi kepada nasabah mengenai penggunaan dari E-Banking. Berdasarkan rumusan masalah di atas, dapat dirumuskan tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh kualitas layanan E-Banking terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia Palangka Raya 1.

Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriftif kuantitaif. Metode pengumpulan data penulisan menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Penelitian ini merepukan penelitian yang dilakukan secara langsung di lapangan atau bisa disebut dengan field research. Populasi penelitian ini adalah sebesar 4,243. teknik pengambilan sampel menggunakan teknik puposive sampling dengan menggunakan rumus slovin dan didapat sampel 100 responden nasabah Bank syariah Indonesia KC Palangka Raya 1, yang kemudian diberi angket untuk menjawab. Metode pengumpulan data peneliti menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana.

Pengaruh Kualitas Layanan E-Banking terhadap Kepuasan Nasabah dengan nilai hasil sebesar 3,237 (T hitung) > 1,290 (T tabel) dan nilai signifikan sebesar 0,002 < 0,1 dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara varibel kualitas layanan E-Banking (X) terhadap variabel Kepuasan Nasabah (Y), maka variabel Kualitas Layanan E-Banking (X) berpengaruh terhadap varibel kepuasan nasabah (Y), dengan hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa nilai determinsi (R Square) sebesar 0,097 yang mengandung pengertian bahwa variabel Kualitas Layanan E-Banking mempunyai tingkat pengaruh sebesar 9,7% terhadap kepuasan nasabah, sedangkan 90,3% dipengaruhi oleh faktor-faktor diluar dari varibel yang diteliti oleh peneliti.

ABSTRACT

E-Banking services do not only apply to business people but also to the general public as bank customers. The development of the quality of E-Banking must also be balanced with customer knowledge about the use of E-Banking, this is very influential for customers in terms of the interests of E-Banking users, so banks must work hard to provide information to customers regarding the use of E-Banking. Based on the formulation of the problem above, the purpose of the study can be formulated to determine the effect of E-Banking service quality on customer satisfaction of Bank Syariah Indonesia Palangka Raya 1.

The type of research uses the quantif method. The method of data collection uses observation, questionnair, and documentation. This research incorporates research that is carried out directly in the field or can be called field research. The population of this study is 4,243. a sampling technique using incidental sampling techniques using the slovin formula and the sample is 100 respondents of Bank Syariah Indonesia KC Palangka Raya 1 customers, from the number of respondents given a questionnaire to answer. The method of collecting researchers' data uses questionnaires. The data analysis technique used is simple linear regression.

The effect of E-Banking Service Quality on Customer Satisfaction with a result value of 3.237 (T count) > 1,290 (T table) and a significant value of 0.002 < 0.1 it can be concluded that there is a relationship between the variability of E-Banking service quality (X) to the Customer Satisfaction variable (Y), then the E-Banking Service Quality variable (X) affects the customer satisfaction variable (Y), with the results of this study also showed that the determinance value (R Square) of 0.097 which contains the understanding that the E-Banking Service Quality variable has an influence level of 9.7% on customer satisfaction, while 90.3% is influenced by factors outside of the variables studied by researchers.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Nasabah; Bank Syariah Indonesia
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking)
TAJUK SUBJEK ISLAM > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 08 Dec 2023 08:21
Last Modified: 08 Dec 2023 08:21
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5075

Actions (login required)

View Item View Item