Pengaruh dimensi kualitas pelayanan anjungan tunai mandiri terhadap minat bertransaksi pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Palangka Raya

Laisouw, Ivony Hapsa Rofana (2022) Pengaruh dimensi kualitas pelayanan anjungan tunai mandiri terhadap minat bertransaksi pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI Ivony Hapsa Rofana Laisouw & 1704110185.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangai dengan perkembanganya secara pesat industri perbankan yang untuk untuk memiliki keunggulan yang kompetitif yang pada akhirnya memunculkan fasilitas yang secara mudah dapat diakses para nasabah. Layanan yang baik dilakukan dengan tujuan agar semakin banyak minat nasabah yang tertarik untuk terus menggunakan layanan perusahaan perbankan. Mesin ATM merupakan salah satu layanan yang diberikan fasilitasnya oleh pihak perbankan yang menggunakan kartu ATM nasabah itu sendiri. Mesin ATM ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan pada nasabah, serta memberikan kemudahaan bagi para nasabahnya dalam melakukan transaksi berbagai transaksi. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Apakah variabel tangible berpengaruh postifi dan signifikan terhadap minat bertransaksi pada BSI KC Palangka Raya? 2) Apakah variabel reliability berpengaruh postifi dan signifikan terhadap minat bertransaksi pada BSI KC Palangka Raya? 3) Apakah variabel responsiveness berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat bertransaksi pada BSI KC Palangka Raya? 4) Apakah variabel assurance berpengaruh postifi dan signifikan terhadap minat bertransaksi pada BSI KC Palangka Raya? 5) Apakah variabel empathy berpengaruh postifi dan signifikan terhadap minat bertransaksi pada BSI KC Palangka Raya? 6) Apakah variabel tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy berpengaruh signifikan secara simultan terhadap minat bertransaksi pada BSI KC Palangka Raya? 7) Variabel manakah yang paling dominan diantara variabel tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy terhadap minat bertransaksi pada BSI KC Palangka Raya?.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling yang berjumlah 100 orang yang merupakan nasabah BSI Palangka Raya. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS 26 for windows.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa variabel tangible, responsiveness, assurance dan empathy berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat bertransaksi nasabah dibuktikan dengan nilai signifikansi variabel tangible nilai sigfikansi 0,001< 0,05, variabel reliability, responsiveness, assurance, dan empathy nilai signifikansi 0,000<0,05. Variabel tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy berpengaruh signifikan secara simultan terhadap minat bertransaksi nasabah dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Variabel tingkat assurance yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap minat bertransaksi dengan nilai beta 0,474. Dikarenakan kepercayaan jaminan keamanan (assurance) nasabah tinggi terhadap keamanan mesin ATM serta pada ruangan ATM yang terdapat CCTV di depan ATM didalam dan pada mesin ATM.

ABSTRACT

This research background with the rapid development of the industry banking to have a competitive advantage in finally bring up facilities that are easily accessible to customers. Good service is done with the aim that more and more customer interest interested in continuing to use the services of a banking company. ATM machine is one of the services provided by the banking facilities using the customer'S own ATM card. This ATM machine is designed for improve customer service, and provide convenience for the customers in conducting various transactions. Formulation of the problem in this study is 1) whether the tangible variables affect postifi and signifikani against interest in transactions at BSI KC Palangka Raya? 2) What are the variables reliability postifi and significant effect on interest in transactions at BSI KC Palangka Raya? 3) whether the variable responsiveness postifi and significant effect against interest in transactions at BSI KC Palangka Raya? 4)) What are the variables assurance postifif and significant effect on interest in transactions at BSI KC Palangka Raya? 5) whether empathy variable postifi and significant effect against interest in transactions at BSI KC Palangka Raya? 6) What are tangible variables, reliability, responsiveness, assurance and empathy significantly affect simultaneous interest in transactions at BSI KC Palangka Raya? 7) variable which is the most dominant among the variables tangibles, reliability, responsiveness, assurance, and empathy towards interest in transactions at BSI KC Palangka Raya?.

This research is a type of Field Research. Data collection techniques used is a questionnaire peagambilan sample in this study using the technique of accidental sampling of 100 people who are BSI Palangka Raya. In this study using a quantitative approach by using multiple linear regression analysis with the help of SPSS software 26 for windows.

Based on the results it can be concluded that the variable tangible, responsiveness, assurance and empathy have a positive and significant effect against the interest of the customer transaction is evidenced by the value of the variable significance
tangible value sigfikansi 0.001< 0.05, variable reliability, responsiveness, assurance. and empathy significance value of 0.000<0.05. Variable tangible, reliability, responsiveness, assurance and empathy have a significant effect simultaneously interest of the customer transaction is evidenced by the significance value of 0.000 < 0.05.Variable level of assurance that has the most dominant influence on interest trade with a beta value of 0.474. Due to the trust of security guarantees (assurance) high customer security of ATM machines and ATM room there is CCTV in front of the ATM and on the ATM machine.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Layanan; Bank Syariah Indonesia
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
TAJUK SUBJEK ISLAM > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 08 Dec 2023 04:32
Last Modified: 11 Dec 2023 04:20
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5069

Actions (login required)

View Item View Item