Pengaruh fitur layanan, keamanan, dan risiko terhadap loyalitas nasabah pengguna muamalat digital islamic network pada Bank Muamalat Palangka Raya

Ibtisamah, Siti Nur (2022) Pengaruh fitur layanan, keamanan, dan risiko terhadap loyalitas nasabah pengguna muamalat digital islamic network pada Bank Muamalat Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI Siti Nur Ibtisamah & 1804110273.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fitur layanan, keamanan, dan risiko terhadap loyalitas nasabah pengguna Muamalat Digital Islamic Network pada Bank Muamalat Palangka Raya. Penelitian ini dilatar belakangi oleh peran teknologi di dalam dunia perbankan, dimana kemajuan sebuah sistem perbankan sudah didukung oleh teknologi informasi. Sistem teknologi informasi juga sangat membantu di dalam segi pelayanan yang baik untuk menarik loyalitas nasabah dengan cara memberikan fitur layanan, keamanan, dan risiko di dalam melakukan transaksi online tanpa harus datang langsung ke Bank.

Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini ialah data primer dengan menyebarkan kuesioner kepada nasabah Bank Muamalat di Palangka Raya, yang sedang atau pernah menggunakan aplikasi mobile banking Muamalat Digital Islamic Network. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan total sampel berdasarkan buku Suharsimi Arikunto tahun 2010, dengan jumlah sampel dalam penelitian ini ialah sebanyak 54 responden. Metode analisis yang digunakan adalah regresi dengan bantuan software Microsoft Excel dan SPSS version 25.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel fitur layanan, keamanan, berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah pengguna Muamalat Digital Islamic Network, sedangkan risiko tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah pengguna Muamalat Digital Islamic Network. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian secara parsial yang memperoleh nilai signifikan variabel fitur layanan (X1) sebesar 0,004 < 0,05, nilai signifikan variabel keamanan (X2) sebesar 0,005 < 0,05, dan nilai signifikan variabel risiko (X3) sebesar 0,657 > 0,05. Secara simultan, variabel fitur layanan (X1), keamanan (X2), dan risiko (X3) berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah pengguna Mumalat DIN (Y). Hal tersebut dibuktikan dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Berdasarkan nilai koefisien determinasi (R Square) diperoleh sebesar 0,582 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat adalah sebesar 30% dan sisanya sebesar 70% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya yang tidak terdapat pada penelitian ini. Adapun novelty (sebuah kebaharuan) dalam penelitian ini adalah terletak pada salah satu variabel independen yaitu variabel risiko yang tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen. Hal ini menjadi novelty dalam penelitian ini dikarenakan bertolak belakang dari penelitian terdahulu yang menyatakan bahwa variabel risiko berpengaruh terhadap variabel dependen.
ABSTRACT

This study aims to determine the effect of service features, safety, and risk on customer loyalty using Muamalat Digital Islamic Network at Bank Muamalat Palangka Raya. This research is motivated by the role of technology in the banking world, where the progress of a banking system has been supported by information technology. Information technology systems are also very helpful in terms of good service to attract customer loyalty by providing service, safety, and risk features in conducting online transactions without having to come directly to the Bank.

This research is an ex post facto research using a quantitative approach. The data source used in this study is primary data by distributing questionnaires to Bank Muamalat customers in Palangka Raya, who are currently or have used the Muamalat Digital Islamic Network mobile banking application. The sampling technique in this study was the total sample based on Suharsimi Arikunto's 2010 book, with a total sample of 54 respondents. The analytical method used is regression with the help of Microsoft Excel and SPSS version 25 software.

The results of this study indicate that the service feature variable, security, has a significant effect on customer loyalty using Muamalat Digital Islamic Network, while risk has no significant effect on customer loyalty using Muamalat Digital Islamic Network. This is evidenced by the partial test results which obtained a significant value of the service feature variable (X1) of 0.004 < 0.05, a significant value of the safety variable (X2) of 0.005 < 0.05, and a significant value of the risk variable (X3) of 0.657 > 0.05. Simultaneously, service features (X1), safety (X2), and risk (X3) variables have a significant effect on customer loyalty using Mumalat DIN (Y). This is evidenced by a significant value of 0.000 <0.05. Based on the value of the coefficient of determination (R Square) was obtained at 0.582 which implies that the influence of the independent variable on the dependent variable is 30% and the remaining 70% is influenced by other factors not found in this study. The novelty (a novelty) in this study lies in one of the independent variables, namely the risk variable which has no significant effect on the dependent variable. This is novelty in this study because it is contrary to previous research which states that the risk variable affects the dependent variable.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bank Muamalat; Loyatitas Nasabah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
TAJUK SUBJEK ISLAM > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 08 Dec 2023 04:01
Last Modified: 11 Dec 2023 04:28
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5066

Actions (login required)

View Item View Item