Proses migrasi sistem operasional Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Palangka Raya 1

Purnama, Noor Laili (2022) Proses migrasi sistem operasional Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Palangka Raya 1. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI NOOR LAILI PURNAMA & 170 4110189.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sebagai tidak lanjut dari mergernya tiga bank syariah milik BUMN, maka langkah selanjutnya untuk percepatan terbentuknya satu sistem Bank Syariah Indonesia adalah proses migrasi sistem operasional. Setelah menetapkan sistem operasionalnya Bank Syariah Indonesia melakukan proses migrasi rekening untuk perpindahan data nasabah dari bank lama ke sistem Bank Syariah Indonesia. Dalam sebuah proses bisa saja ada kendala yang muncul baik dari segi internal maupun eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang proses dan kendala yang terjadi selama proses migrasi sistem operasional di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Palangka Raya 1.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah Branch Operational & Service Manager, Staff Funding dan Customer Service Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Palangka Raya 1. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui tahapan data collection, data reduction, data display, dan conclusion drawing.

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa proses migrasi sistem operasional pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Palangka Raya 1 terdiri dari beberapa tahap yaitu menyalin data dari tiga bank yang melakukan merger, memilih sistem operasional, pembaruan data dan diakhiri dengan pemindahan atau penggabungan data. Kendala dalam proses migrasi sistem operasional di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Palangka Raya 1 terdapat kendala yang bersifat internal seperti jaringan yang tidak stabil (error) dan karyawan yang tidak terbiasa dengan aplikasi sistem yang baru. sedangkan kendala yang bersifat eksternal adalah nasabah yang belum melakukan migrasi rekening, dikarenakan kurangnya pemahaman dan minimnya penginformasian mengenai migrasi rekening serta nasabah yang belum terbiasa dalam menggunakan fasilitas mobile banking.

ABSTRACT

As a follow-up to the merger of three state-owned Islamic banks, the next step for accelerating the formation of an Indonesian Islamic Bank system is the process of migrating the operational system. After establishing the operational system, Bank Syariah Indonesia conducts the account migration process to transfer customer data from the old bank to the Bank Syariah Indonesia system. In a process there may be obstacles that arise both in terms of internal and external. This study aims to find out about the processes and obstacles that occur during the migration process of the operational system at Bank Syariah Indonesia Branch Office Palangka Raya 1.

This research is a field research using qualitative methods. The subjects in this study were Branch Operational & Service Managers, Funding Staff and Customer Service Bank Syariah Indonesia Palangka Raya Branch Office 1. The data collection techniques in this study were observation, interviews, and documentation, then analyzed through the stages of data collection, data reduction, data display, and conclusion drawing.

The results of this study can be concluded that the operational system migration process at Bank Syariah Indonesia Palangka Raya 1 Branch Office consists of several stages, namely copying data from the three merging banks, choosing an operational system, updating data and ending with data transfer or merging. Constraints in the process of migrating the operational system at Bank Syariah Indonesia Branch Office Palangka Raya 1 there are internal constraints such as unstable network (errors) and employees who are not familiar with the new system application. while external constraints are customers who have not migrated accounts, due to lack of understanding and lack of information regarding account migration and customers who are not accustomed to using mobile banking facilities.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bank syariah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
TAJUK SUBJEK ISLAM > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 07 Dec 2023 08:40
Last Modified: 11 Dec 2023 04:30
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5064

Actions (login required)

View Item View Item