Implementasi strategi pemasaran produk pembiayaan kpr ib muamalat dalam meningkatkan pendapatan pada Bank Muamalat Kc Palangka Raya

Andri, Andri (2022) Implementasi strategi pemasaran produk pembiayaan kpr ib muamalat dalam meningkatkan pendapatan pada Bank Muamalat Kc Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI Andri & 1704110123.pdf

Download (1MB)

Abstract

Strategi merupakan alat untuk mencapai tujuan puncak suatu organisasi, strategi juga merupakan suatu metode atau rencana yang disusun untuk mewujudkan tujuan yang diiginkan suatu perusahaan dalam kurun waktu jangka panjang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi Bank Muamalat dalam Mempertahankan satu produk pembiayaan untuk meningkatkan pendapatan dan juga untuk mengetahui apa saja dampak dari mempertahankan satu produk pembiayaan. Beranjak dari rumusan masalah yaitu: 1) bagaimana implementasi strategi pemasaran produk pembiayaan Kpr iB Muamalat pada Bank Muamalat Kantor Cabang Palangka Raya; 2) bagaimana dampak implementasi pemasaran produk pembiayaan Kpr iB Muamalat pada tingkat pendapatan di Bank Muamalat Kantor Cabang Palangka Raya.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan berjenis penelitian lapangan. Adapun subjek dari penelitian ini yaitu Branch Manager Bank Muamalat, Pegawai Bank Muamalat dan dua orang nasabah dari produk pembiayaan tersebut sebagai informan. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan triangulasi sumber dengan mengumpulkan data dan informasi sejenis dari berbagai sumber.

Hasil dari penelitian ini adalah Implementasi strategi pemasaran produk pembiayaan pada Bank Muamalat Indonesia Palangka Raya, memiliki strategi pemasaran serta langkah-langkah yang ditempuh dalam memasarkan produk Kredit Pemilikan Rumah yaitu penerapan strategi segmentation, targeting, positioning Adapun resiko mempertahankan satu produk pembiayaan, ada beberapa dampak yang bank dapat jika memfokuskan satu produk pembiayaan salah satu dampaknya nya adalah bank tidak bisa memasuki market, bank tidak bisa bermain di segmentasi itu, tapi bank dapat meminilisir kerugian mengurangi NPL (non performing loan)

ABSTRACT

Strategy is a tool to achieve the top goals of an organization, strategy is also a method or plan that is prepared to realize the desired goals of a company in the long term. The purpose of this study is to determine the strategy of Bank Muamalat in maintaining a financing product increase revenue and also to fint out what are the impacts of maintaining a financing product. Moving on from the formualition of the problem, namely: 1) how to implement a single financing product marketing strategy at the Muamalat Bank Branch Office in Palangka Raya; 2)what is the impact of the implementation of single financing of income in Muamalat Bank Palangka Raya Branch Office.

The method used in this research is a qualitative method using a descriptive qualitative approach and field research. As for the subject of the research, namely the branch manager of Bank Muamalat, Muamalat Bank employes and two customers of the financing product as informans. Data collection techniques in the form of observation, intervies and documentation. Data validation technique uses source triangulation by collecting data and similar information from various sources.

The results of this study are the implementation of a marketing strategy for financing products at Bank Muamalat Palangka Raya Indonesia, has a marketing strategy and the steps taken in marketing mortgage products, namely by means of a marketing mix consisting of 4 components, namely: segmentation, targeting, positioning. As for the risk of maintaining one financing product, there are several that bank can get if bank focus on one financing product, one of the risks is that bank cannot enter the market, one of which is that bank cannot play in that segmentation, but bank can minimize losses by reducing NPL (non-performing loans).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Pembiayaan kepemilikan rumah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
TAJUK SUBJEK ISLAM > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 07 Dec 2023 08:18
Last Modified: 11 Dec 2023 04:30
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5061

Actions (login required)

View Item View Item