Strategi Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Palangka Raya 2 dalam menarik minat nasabah melalui pembukaan rekening online

Azis, Amer Soltan Apdul (2022) Strategi Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Palangka Raya 2 dalam menarik minat nasabah melalui pembukaan rekening online. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI AMER SOLTAN APDUL AZIS & 1704110210.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembukaan rekening online merupakan fitur baru yang menyempurnakan fitur lamanya itu pembukaan rekening offline/mengisi biodata ditempat. Namun dengan adanya pembukaan rekening online tidak hanya mempermudah pihak nasabah tetapi juga mempangkas waktu untuk pengerjaan pihak pegawai perbankan. Dengan konsep pembukaan rekening online tentunya lebih mudah dan lebih praktis. Pembukaan rekening secara online juga diatur dalam peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 12/PJOK03/2018 tentang penyelenggaraan layanan perbankan digital oleh Bank Umum.Berdasarkan latar belakang masalah tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk 1) strategi bank syariah Indonesia kantor cabang Palangka Raya dalam menarik minat nasabah melalui pembukaan rekening online. 2) kendala yang dihadapi bank syariah Indonesia kantor cabang Palangka Raya 2 dalam memasarkan produk pembukaan rekening secara online.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Palangka Raya 2, subjek penelitian ini 2 pihak pegawai bank yaitu Branch Manager/Branc Operation, dan Costumer Service. Teknik pengumpulan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, teknik pengabsahan data dengan ketekunan pengamatan dan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber.

Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) strategi bank syariah Indonesia kantor cabang Palangka Raya 2 melalui pembukaan rekening secara online dengan cara menerapkan strategi bagian pemasaran yang melakukan prosedur tiga langkah secara sistematis yaitu bermula dari strategi segmentasi pasar, strategi penentuan pasar sasaran, dan strategi penentuan posisi pasar. Ketiga strategi tersebut merupakan kunci didalam manajemen strategi pemasaran, pihak bank juga menggunakan bauran pemasaran 4P yaitu (product,place,price dan promotion) dengan cara menggunakan strategi promosi menggunakan brosur dan promosi melalui media sosial seperti whattsapp, dan juga sosialisasi kepada lembaga-lembaga, akan tetapi hal ini memerlukan usaha berlebih untuk sampai kepada calon nasabah. 2) kendala yang dihadapi pihak bank yaitu maintance, dan bug pada aplikasi yang kadang mengganggu untuk pembukaan rekening online dan hal ini berdampak pada minat calon nasabah yan ingin melakukan pembukaan rekening online. Pihak bank cabang juga tidak dapat mengatasi hal ini sampai pihak bank pusat melakukan perbaikan server.

ABSTRACT

Opening an online bank account is a new feature that enhances the old feature i. e. opening an offline bank account by filling biodata on the spot. However, opening an online bank account not only makes it easier for the customer but also reduces the time for banking employees to work on it. The concept of opening an online bank account is certainly easier and more practical. Opening an online bank account is also regulated in the Financial Services Authority (OJK) regulation number 12/PJOK03/2018 concerning the implementation of digital banking services by Commercial Banks. Based on the background of the problem, this study aims to 1) the strategy of Bank Syariah Indonesia (BSI) Palangka Raya Branch Office in attracting customers to open an online bank accounts. 2) the obstacles faced by Bank Syariah Indonesia Palangka Raya Branch Office Two in marketing an online account opening products.

This research uses qualitative methods that conducted at Bank Syariah Indonesia Palangka Raya Branch Office Two, the subject of this research is two bank officer, namely Branch Manager/Branc Operation, and Customer Service. The collection technique uses observation, interviews and documentation, data validation techniques with persistence of observation and triangulation techniques, namely source triangulation.

The results showed that 1) the strategy of Bank Syariah Indonesian Palangka Raya Branch Office in opening an online accounts by implementing the strategies of marketing department that carried out a three-step procedure systematically, starting from the market segmentation strategy, target market determination strategy, and market positioning strategy. These three strategies are key in marketing strategy management, the bank also uses the 4P marketing mix (product, place, price and promotion) by using promotional strategies using brochures and promotions through social media such as whatsapp, as well as socialization to institutions, however, this requires excessive effort to reach prospective customers. 2) the obstacles faced by the bank, namely maintenance and bugs in the application that sometimes interfere with opening an online accounts and it has an impact on the interest of prospective customers who wants to open an online bank account. The branch office cannot resolve it until the central bank repairs the server either.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bank Syariah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
TAJUK SUBJEK ISLAM > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 07 Dec 2023 08:15
Last Modified: 11 Dec 2023 04:29
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5060

Actions (login required)

View Item View Item