Perbandingan kepuasan mahasiswa IAIN Palangka Raya dalam berbelanja online dan offline

Dari, Suci Wulan (2022) Perbandingan kepuasan mahasiswa IAIN Palangka Raya dalam berbelanja online dan offline. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI SUCI WULAN DARI & 1804120836.pdf

Download (2MB)

Abstract

Usaha jual beli online dan offline merupakan suatu kegiatan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Sebagai generasi millenial belanja online dan offline telah merubah gaya hidup terkhususnya bagi mahasiswa, adapun faktor-faktor yang melatar belakangi mahasiswa melakukan pembelian melalui online dan offline shop adalah karena efisiensi waktu, akses yang mendukung serta kemudahan yang dirasakan, mahasiswa yang pernah melakukan belanja online mampu membandingkan kepuasan yang didapatkan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kepuasan Mahasiswa IAIN Palangka Raya Dalam Berbelanja Online Dan Offline. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dengan metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang pernah berbelanja online dan offline di IAIN Palangka Raya. Sampel penelitian sebanyak 97 responden yang diambil dengan teknik purposive sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin dengan batas toleransi 10%. Metode analisis data yang digunakan adalah metode Uji Beda dengan menggunakan program SPSS 25.0.

Hasil penelitian teknik uji beda independent sample t-test pada perbandingan variabel kepuasan konsumen belanja online dan offline didapatkan nilai Thitung sebesar 0,027<0,05, artinya Thitung < nilai probabilitas Sig, (2-tailed) maka H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kepuasan Mahasiswa dalam berbelanja online dan berbelanja offline, yakni pada hasil uji beda menunjukan bahwa Mahasiswa IAIN Palangka Raya lebih puas berbelanja online dari pada belanja offline dapat dilihat dari nilai rata-rata (mean) pada belanja online sebesar 57,5876 sedangkan pada belanja offline sebesar 54,4636 maka dapat disimpulkan bahwa Mahasiswa lebih puas pada berbelanja online dari pada offline.

ABSTRACT

The business of buying and selling online and offline is an activity to meet the needs of the community. As millennials, online and offline shopping has changed lifestyles, especially for students, while the factors behind students making purchases through online and offline shops are due to time efficiency, supportive access and perceived convenience, students who have done online shopping are able to compare satisfaction.

This study aims to compare the satisfaction of IAIN Palangka Raya students in online and offline shopping. This research is a research with a quantitative approach. The type of data in this study is primary data with the data collection method using the questionnaire method. The population of this study are consumers who have shopped online and offline at IAIN Palangka Raya. The research sample was 97 respondents who were taken by purposive sampling technique. Determination of the number of samples using the slovin formula with a tolerance limit of 10%. The data analysis method used is the Differential Test method using the SPSS 25.0 program.

The results of the research on different independent sample t-test techniques on the comparison of online and offline shopping consumer satisfaction variables obtained a Tcount value of 0.027 <0.05, meaning Tcount < probability value Sig, (2-tailed) then H0 is rejected. It can be concluded that there is a significant difference between student satisfaction in online shopping and offline shopping, namely the different test results show that IAIN Palangka Raya students are more satisfied with online shopping than offline shopping, which can be seen from the average value (mean) for online shopping of 57.5876 while offline shopping is 54.4636, it can be concluded that students are more satisfied with online shopping than offline.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan konsumen
Subjects: TAJUK SUBJEK ISLAM > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 06 Dec 2023 03:50
Last Modified: 06 Dec 2023 03:50
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5054

Actions (login required)

View Item View Item