Pengembangan kedai itah berbasis permakultur

Mustofa, Mustofa (2022) Pengembangan kedai itah berbasis permakultur. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI Mustofa & 1804120904.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kewirausahaan pada dasarnya adalah sifat, ciri dan watak seseorang yang memiliki keinginan dalam mewujudkan gagasan inovatif ke dalam dunia nyata secara kreatif. Dalam hal memanfaatkan peluang, seorang pelaku usaha dituntut untuk selalu memiliki sikap kreatif dan inovatif. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa alasan masyarakat Kelurahan Tangkiling memilih Kedai Itah sebagai mitra bisnis, bagaimana strategi marketing kafe Kedai Itah dalam mempromosikan bisnis kuliner masyarakat Kelurahan Tangkiling dan bagaimana dampak ekonomi bagi mitra kerja kafe Kedai Itah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan masyarakat Kelurahan Tangkiling memilih Kedai Itah sebagai mitra bisnis, strategi marketing kafe Kedai Itah dalam mempromosikan bisnis kuliner masyarakat Kelurahan Tangkiling dan dampak ekonomi bagi mitra kerja kafe Kedai Itah.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dengan Jenis Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian langsung yang berhubungan dengan objek yang akan diteliti. Sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 9 orang yang terdiri dari 6 orang subjek dan 3 orang responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa alasan masyarakat Kelurahan Tangkiling Desa Suka Mulya bergabung menjadi mitra bisnis kafe Kedai Itah, yaitu ingin usaha yang dijalani mengalami kemajuan serta ingin menambah penghasilan sekaligus untuk membantu ekonomi keluarga. Faktor lainnya juga karena melihat tetangga sekitar ikut menjadi mitra bisnis. Terdapat lima strategi pemasaran yang dilakukan oleh kafe Kedai Itah, antara lain yaitu: pertama, Kedai Itah membuat suasana dan menu yang menarik dan telah menyediakan layanan pemesanan. Kedua, target pasar kafe Kedai Itah berasal dari semua kalangan dan generasi. Ketiga, kafe Kedai Itah memiliki konsep kafe yang berbeda daripada kafe pada umumnya yang memiliki desain modern. Keempat, salah satu cara Kedai Itah memasarkan bisnisnya, yaitu melalui media sosial instagram. Kelima, Kafe Kedai Itah menggunakan hasil panen dari kebun pribadi dan menu lokal dari para mitra bisnis Kedai Itah. Kedai Itah membawa banyak dampak positif bagi perkembangan sebuah bisnis, terutama bagi volume penjualan, meningkatnya jumlah konsumen dan memperbaiki ekonomi keluarga.

ABSTRACT

Entrepreneurship is basically the nature, characteristics, and character of someone who has a desire to creatively bring innovative ideas into the real world. In terms of taking advantage of opportunities, a business actor is required to always have a creative and innovative attitude. The formulation of the problem in this research is: what is the reason for the people of Tangkiling Village to choose Kedai Itah as a business partner? how effective is the marketing strategy of Kedai Itah cafe in promoting the culinary business of the Tangkiling Village community? and what is the economic impact for Kedai Itah cafe partners? This study aims to determine the reasons for the people of Tangkiling Village to choose Kedai Itah as a business partner, the marketing strategy of the Kedai Itah cafe in promoting the culinary business of the Tangkiling Village community, and the economic impact for Kedai Itah cafe partners.

This study uses a descriptive-qualitative approach. This type of research is a type of field research, namely direct research related to the object to be studied. While the sample in this study amounted to 9 people, consisting of 6 subjects and 3 respondents using the purposive sampling technique, While the data collection techniques used in this study were observation, interviews, and documentation.

The results of this study indicate that the reason the people of Tangkiling Village and Suka Mulya Village joined as business partners for the Kedai Itah cafe is that they want their businesses to progress and want to increase their income as well as help the family economy. Another factor is seeing their neighbors become business partners. There are five marketing strategies carried out by Kedai Itah cafe, among others, namely: first, Kedai Itah creates an attractive atmosphere and menu and provides ordering services. Second, the target market for Kedai Itah cafes comes from all walks of life and all generations. Third, Kedai Itah Cafe has a different cafe concept than cafes in general, which have a modern design. Fourth, one of the ways Kedai Itah markets its business is through Instagram social media. Fifth, Kedai Itah Café uses produce from private gardens and local menus from Kedai Itah's business partners. Kedai Itah has many positive impacts for the development of a business, especially for sales volume, increasing the number of consumers, and improving the family economy.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Marketing Syariah; Ekonomi kreatif
Subjects: TAJUK SUBJEK ISLAM > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 06 Dec 2023 02:32
Last Modified: 06 Dec 2023 02:32
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5048

Actions (login required)

View Item View Item