Strategi pemasaran aplikasi tiktok sebagai media promosi jual beli online menurut ekonomi islam (Studi Pada Toko Serba Harga Murah di Kota Sampit)

Hidayah, Maulida Nur (2022) Strategi pemasaran aplikasi tiktok sebagai media promosi jual beli online menurut ekonomi islam (Studi Pada Toko Serba Harga Murah di Kota Sampit). Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI MAULIDA Nurhidayah 1804120947.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Strategi Pemasaran Aplikasi Tiktok sebagai media promosi jual beli online di Toko Baju Serba Harga Murah Sampit yang mana toko ini saling memanfaatkan atau menggunakan Aplikasi Tiktok sebagai media promosi mereka dan menjual pakaian dan aksesoris wanita dengan harga yang sangat terjangkau untuk mendapatkan pelanggan. Toko ini dan toko cabang lainnya menawarkan konsep yang hampir sama dan letaknya berada di jalan yang sama bahkan hampir berdekatan. Penelitian ini bertujuan mengetahui tentang : Pertama, strategi pemasaran dalam pemanfaatan Aplikasi Tiktok sebagai media promosi jual beli online di Toko Baju Serba Harga Murah Sampit. Kedua, strategi pemasaran dalam pemanfaatan Aplikasi Tiktok sebagai media promosi jual beli online menurut Ekonomi Islam.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Adapun subjek penelitian ini adalah pemilik toko baju Serba Harga Murah Sampit, karyawan dan pelanggan sebagai informan tambahan. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan triangulasi sumber dengan mengumpulkan data dan informasi sejenis dari berbagai sumber yang berbeda. Teknik analisis data menggunakan data collection, data reduction, data display, dan conclusion drawing.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : Pertama, penerapan strategi pemanfaatan Aplikasi Tiktok sebagai media promosi jual beli online Toko Serba Harga Murah Sampit pada keenam aspek sudah diterapkan secara maksimal dan sangat baik yaitu aspek produk,harga,tempat,promosi dan orang. Kedua, strategi pemasaran dalam pemanfaatan Aplikasi Tiktok sebagai media promosi jual beli online menurut Ekonomi Islam.dilihat dari tiga aspek sudah cukup baik, sedangkan pada aspek promotion, people, process masih harus ada perbaikan dan peningkatan secara berkala
ABSTRACT

This study discusses the Marketing Strategy of the Tiktok Application as a promotional media for buying and selling online at the Sampit Cheap Price All-in-One Store where these stores take advantage of each other or use the Tiktok Application as their promotional medium and sell women's clothing and accessories at very affordable prices to get customers. This store and other branch stores offer almost the same concept and are located on the same street or even close together. This study aims to find out about: First, the marketing strategy in the use of the Tiktok application as a promotional media for buying and selling online at the Sampit Cheap Price All-in-One Shop. Second, the marketing strategy in using the Tiktok application as a promotional media for online buying and selling according to Islamic Economics.

This research is a field research using descriptive qualitative research methods. The subjects of this study were the owner of the Sampit Cheap Price All-in-One clothing store, employees and customers as additional informants. Data collection techniques by observation, interviews, and documentation. The data validation technique uses source triangulation by collecting similar data and information from various different sources. The data analysis technique uses data collection, data reduction, data display, and conclusion drawing.

The results of this study indicate that: First, the implementation of the strategy for using the Tiktok application as a promotional media for online buying and selling at the Sampit Cheap Price Convenience Store on the six aspects has been implemented optimally and very well, namely aspects of product, price, place, promotion and people. Second, the marketing strategy in using the Tiktok application as a media for online buying and selling according to Islamic Economics. From three aspects, it is quite good, while in terms of promotion, people, process, there still needs to be regular improvements and improvements.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran
Subjects: TAJUK SUBJEK ISLAM > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 06 Dec 2023 00:47
Last Modified: 06 Dec 2023 00:47
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5041

Actions (login required)

View Item View Item