Analisis kepuasan konsumen pada pelayanan Persalinan di Poskesdes Desa Garantung Kecamatan Maliku, Kabupaten Pulang Pisau

Windasari, Liya (2022) Analisis kepuasan konsumen pada pelayanan Persalinan di Poskesdes Desa Garantung Kecamatan Maliku, Kabupaten Pulang Pisau. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI Liya Windasari 1704120707.pdf

Download (1MB)

Abstract

Poskesdes adalah upaya kesehatan berbasis masyarakat yang dibentuk di desa dalam rangka mendekatkan atau menyediakan pelayanan kesehatan dasar bagi masyarakat desa yang bertujuan agar terwujudnya masyarakat yang sehat, peduli dan tanggap terhadap permasalahan kesehatan. Poskesdes dibentuk sebagai sarana kesehatan yang merupakan pertemuan antara upaya masyarakat dan dukungan pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan persalinan di Poskesdes desa Garantung dan mengetahui kepuasan konsumen pada pelayanan persalinan di Poskesdes desa Garantung.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah subjek utama dan 8 subjek tambahan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan persalinan di Poskesdes desa Garantung sejak tahun 2000 dilakukan di rumah pasien. Sedangkan sekitar 6 tahun yang lalu persalinan dilakukan di Poskesdes desa Garantung berdasarkan putusan dari Pemerintah Dinas Kesehatan. Pasien mengungkapkan bahwa pelayanan persalinan di Poskesdes desa Garantung nyaman, bidannya sabar, ramah, tidak kasar sehingga membuat pasiennya merasa tenang. Para pasien menyatakan bahwa kinerja pelayanan persalinan di Poskesdes desa Garantung bagus dan sudah sesuai yang diharapkan. Oleh karena itu, para pasien merasa puas terhadap pelayanan persalinan yang telah diberikan oleh bidan Pera di Poskesdes desa Garantung. Sebagai bentuk rasa kepuasannya, ada pasien yang memberikan air minum dan makanan kepada bidan Pera. Terdapat 5 pasien yang berkenan merekomendasikan persalinan di Poskesdes desa Garantung, dan 3 pasien yang tidak berkenan merekomendasikan.

ABSTRACT
Poskesdes is a community-based health effort formed in the village in order to bring or provide basic health services for rural communities with the aim of creating a healthy, caring and responsive community to health problems. Poskesdes was formed as a health facility which is a meeting between community efforts and government support. This study aims to determine the delivery service at the Poskesdes in Garantung village and to determine customer satisfaction with delivery services at the Poskesdes in Garantung village.

This research is a field research using qualitative methods. The subjects in this study were the main subject and 8 additional subjects. Data collection techniques in this study were observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques in this study are data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions.

The results showed that the delivery service at the Poskesdes in Garantung village since 2000 has been carried out at the patient's home. Meanwhile, about 6 years ago, the delivery was carried out at Poskesdes in Garantung village based on a decision from the Government Health Office. The patient revealed that the delivery service at the Poskesdes in Garantung village was comfortable, the midwife was patient, friendly, and not rude so that it made the patient feel calm. The patients stated that the performance of delivery services at the Poskesdes in Garantung village was good and was as expected. Therefore, the patients were satisfied with the delivery services provided by the Pera midwife at the Poskesdes in Garantung village. As a form of satisfaction, there are patients who provide drinking water and food to the midwife Pera. There were 5 patients who were willing to recommend delivery at Poskesdes in Garantung village, and 3 patients who were not willing to recommend.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan; Kepuasan
Subjects: TAJUK SUBJEK ISLAM > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 05 Dec 2023 09:06
Last Modified: 05 Dec 2023 09:06
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5035

Actions (login required)

View Item View Item