Pemanfaatan komoditas kelapa dalam meningkatkan nilai tambah ekonomi masyarakat di Desa Samuda Besar Kecamatan Mentaya Hilir Selatan

Yadi, Kasrul (2022) Pemanfaatan komoditas kelapa dalam meningkatkan nilai tambah ekonomi masyarakat di Desa Samuda Besar Kecamatan Mentaya Hilir Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Kasrul Yadi 1704120726.pdf

Download (1MB)

Abstract

Komoditas kelapa dalam meningkatkan nilai tambah ekonomi masyarakat merupakan hal yang sangat penting untuk di tingkatkan dan di kembangkan. Sehingga dalam menjalankan usaha, khususnya komoditas kelapa diperlukan strategi pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran dalam pemanfaatan komoditas kelapa dalam meningkatkan nilai tambah ekonomi masyarakat di Desa Samuda Besar Kecamatan Mentaya Hilir Selatan.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah 1. Kantor dinas pertanian, 2 Kepala desa samuda besar, 3. Petani sekaligus pemilik kebun kelapa. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian di analisis melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan komoditas kelapa dalam meningkatkan nilai tambah ekonomi masyarakat di desa Samuda Besar Kecamatan Mentaya Hilir Selatan. Melalui pemanfaatannya sudah cukup baik karena semua petani yang ada di desa Samuda Besar sudah menunjukan kreatifitas mereka dengan berbagai cara yaitu dengan menjual buah kelapa dan membuat beberapa produk seoerti kopra, tempurung, minyak kelapa, dan gula kelapa. Kemudian strategi pemasaran produk komoditas kelapa yaitu masih dilakukan secara offline di karenakan sebagian dari para petani kelapa yang masih belum memahami dengan adanya internet seperti sekarang ini.

ABSTRACT

Coconut commodity in increasing the added value of the community's economy is very important to be improved and developed. So that in running a business, especially coconut commodities, a marketing strategy is needed. This study aims to determine the marketing strategy in the use of coconut commodities in increasing the economic added value of the community in Samuda Besar Village, Mentaya Downstream District, South South.

This research is a field research using descriptive qualitative method. The subjects in this study were 1. Agriculture office, 2 head of Samuda Besar village, 3. Farmer and owner of coconut plantation. The data collection techniques in this study were Observation, Interview, and Documentation, then analyzed through the stages of data collection, data reduction, data presentation, and conclusion drawing.

The results of this study can be concluded that the use of coconut commodities in increasing the economic added value of the community in Samuda Besar Village, Mentaya Downstream District, South. Using it is good enough because all the farmers in Samuda Besar Village have shown their creativity in various ways, namely by selling coconuts and making several products such as copra, shells, coconut oil, and coconut sugar. Then the marketing strategy for coconut commodity products is still being done offline because some of the coconut farmers still don't understand the existence of the internet as it is today.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Ekonomi Masyarakat
Subjects: TAJUK SUBJEK ISLAM > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 05 Dec 2023 07:59
Last Modified: 05 Dec 2023 07:59
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5031

Actions (login required)

View Item View Item