Pengaruh bauran pemasaran dan brand image terhadap keputusan menjadi reseller produk es krim aice

Azizah, Fitri Nurul (2022) Pengaruh bauran pemasaran dan brand image terhadap keputusan menjadi reseller produk es krim aice. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI FITRI NURUL AZIZAH & 1804120766.pdf

Download (2MB)

Abstract

Es krim Aice merupakan salah satu es krim yang sejak kemunculannya terus berkembang dalam industri es krim di Indonesia, dengan memiliki 300 reseller di kota Palangka Raya, es krim Aice menerapkan sistem jual beli putus kepada reseller-nya. Oleh sebab itu, penelitian ini penting untuk dilakukan agar mengetahui apakah produk es krim Aice memiliki bauran pemasaran serta brand image yang baik di mata masyarakat, sebelum akhirnya memutuskan menjadi seorang reseller es krim Aice. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh secara parsial dan simultan antara Bauran Pemasaran dan Brand Image terhadap Keputusan Menjadi Reseller Produk Es Krim Aice.

Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder dengan metode pengumpulan data menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 300 reseller es krim Aice. Teknik pengambilan sampel berupa non-probability sampling dengan teknik accidental sampling dengan penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dengan batas toleransi 10% dari hasil perhitungan tersebut diperoleh sampel sebanyak 75 reseller es krim Aice. Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda menggunakan program IBM SPSS Statistic 24.0.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel bauran pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi reseller produk es krim Aice ditunjukkan dengan nilai t_hitung > t_tabel sebesar 3,514 > 1,993. Variabel brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi reseller produk es krim Aice ditunjukkan dengan nilai t_hitung > t_tabel 7,870 > 1,993. Sedangkan, variabel bauran pemasaran dan brand image berpengaruh secara simultan terhadap keputusan menjadi reseller produk es krim Aice ditunjukkan dengan nilai F_hitung > F_tabel 36,291 > 3,12 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hasil koefisien determinasi (R²) menunjukkan pengaruh yang dimiliki positif dan signifikan yaitu sebesar 48,8%. Hal ini menunjukkan bahwa bauran pemasaran dan brand image merupakan salah satu variabel untuk mengetahui keputusan menjadi reseller.

ABSTRACT

Aice ice cream is one of the ice creams which has maintained its growth in the Indonesian ice cream industry since its establishment, with 300 resellers in the city of Palangka Raya, Aice ice cream uses a split buying and selling system for its resellers. As a result, before opting to become an Aice ice cream reseller, it is critical to do this research to determine whether Aice ice cream goods have a good marketing mix and brand image in the eyes of the public. The purpose of this research is to see if there is a partial and simultaneous influence of Marketing Mix and Brand Image on The Decision to be Resellers of Aice Ice Cream Products.

This research utilizes a quantitative method with an ex post facto research design. This research uses both primary and secondary data as its data types, and a questionnaire is used to collect the data. Aice ice cream resellers made up the study's sample, which totaled 300. The sampling technique is non-probability sampling with accidental sampling by determining the number of samples was determined using the Slovin formula with a 10% tolerance limit, from the calculation results obtained a sample of 75 Aice ice cream resellers. The data analysis method used is Multiple Linear Regression Analysis using the IBM SPSS Statistic 24.0 program.
According to the result of this research, the marketing mix variable has a favorable and significant impact on the decision to be a reseller's, as measured by the value of t_count > t_table as 3,514 > 1,993. The value indicates that the brand image variable has a positive and significant influence on the decision to be reseller's to select Aice ice cream product, as evidenced by the variable's effect on the t_count > t_table 7,870 > 1,993. In addition, the marketing mix and brand image variables simultaneously influence on the decision to be reseller's to select Aice ice cream product, as measured by the value of the interaction term F_count > F_table 36,291 > 3,12 with a significance value of 0,000 < 0,05. The result of the coefficient of determination (R2) indicates that it has a positive and statistically significant effect, 48.8%. This demonstrates that the marketing mix and brand image are among the variables that influence the decision to be reseller's.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Brand Image ; Reseller
Subjects: TAJUK SUBJEK ISLAM > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 05 Dec 2023 05:01
Last Modified: 05 Dec 2023 05:01
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5027

Actions (login required)

View Item View Item