Strategi pengelolaan travel PT.Raihan Alya Tour Palangka Raya

Fauzi, Muhammad (2022) Strategi pengelolaan travel PT.Raihan Alya Tour Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI - Muhammad Fauzi 1704120717.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ibadah haji merupakan rukun Islam kelima. Kewajiban untuk berhaji, minimal sekali dalam hidup, diberlakukan hanya kepada seorang muslim yang mampu dalam arti luas, yaitu mampu secara jasmani maupun rohani. Dalam hal ini banyak agensi travel yang marak dan berusaha memberikan pelayanan, pembinaan, dan kenyamanan dalam berpergian untuk melaksanakan ibadah haji tersebut, Di samping itu melalui kenyamanan dan kepopularitas jasa perjalanan mampu berkembang dari tahun ketahun, terlebih lagi pada saat pandemic ini yang dimana sulit sekali bagi usaha jasa travel ini untuk beroperasi, Berdasarkan hal tersebut untuk mengetahui lebih jauh tetang strategi pengelolaan yang di terapkan travel perlu dikaji secara mendalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan meanalisis, (1) Bagaimana strategi pengelolaan PT.Raihan Alya Tour sebelum COVID-19. (2) Bagaiman strategi pengelolaan PT.Raihan Alya Tour pasca COVID-19.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, adapun subjek penelitian dalam penelitian ini adalah Direktur Utama, Beberapa pengurus, dan Konsumen yang telah menggunakan jasa travel PT Raihan Alya Tour yang keberangkatannya sebelum masa COVID-19 . Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengabsahan datanya menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. kemudian dianalisis melalui tahapan collections, reduction, display dan verification.

Hasil dari penelitian ini Strategi pengelolaan PT.Raihan Alya Tour di Palangka Raya adalah pertama mereka tetap konsisten dalam menerapkan sistem manajemen syariah pada kegiatan transaksi mereka, kedua dalam hal pengelolaan seperti dalam teori pengelolana yang menyebutkan empat fungsi pengelolaan dilakukan dengan baik di mulai dari perencanaan, perogarnisasian, pergerakan, dan pengawasannya sudah bagus. Dan dalam pengelolaan pasca pandemic PT.Raihan Alya Tour bisa membuat sebuah inovasi yang dimana itu bisa menjadi acuan tetap melaksanakan kegiatan travel walaupun cukup terbatas tidak menghalagi bagimereka untuk menjadi usaha travel yang bisa bertahan pada masa pandemic.

ABSTRACT

Hajj is the fifth pillar of Islam. The obligation to perform Hajj, at least once in a lifetime, applies only to a Muslim who is capable in the broadest sense, namely physically and spiritually capable. In this case, many travel agencies are booming and trying to provide services, guidance, and comfort in traveling to carry out the pilgrimage. In addition, through the convenience and popularity of travel services, they are able to develop from year to year, especially during this pandemic which is very difficult. For this travel service business to operate, based on this, to find out more about the management strategy applied by travel, it is necessary to study in depth. This study aims to identify and analyze, (1) How was the management strategy of PT.Raihan Alya Tour before COVID-19? (2) What is the management strategy of PT. Raihan Alya Tour after COVID-19.

This research is a field research using descriptive qualitative research methods, while the research subjects in this study are the President Director, several administrators, and consumers who have used the travel services of PT Raihan Alya Tour whose departure was before the COVID-19 period. Data collection techniques with observation, interviews and documentation. The data validation technique uses source triangulation and method triangulation. then analyzed through the stages of collections, reduction, display and verification.

The results of this study The management strategy of PT.Raihan Alya Tour in Palangka Raya is that first they remain consistent in implementing the sharia management system in their transaction activities, secondly in terms of management as in the management theory which states that the four management functions are carried out properly starting from planning, The organization, movement, and control are good. And in post-pandemic management, PT. Raihan Alya Tour can make an innovation which can be a reference for continuing to carry out travel activities even though it is quite limited and does not become a travel business that can survive during a pandemic.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Bisnis
Subjects: TAJUK SUBJEK ISLAM > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 30 Nov 2023 07:19
Last Modified: 30 Nov 2023 07:19
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/5000

Actions (login required)

View Item View Item