Ilpida, Hartati (2015) Manajemen kepala sekolah dalam mendorong kemandirian Madrasah Ibtidaiyah (MI) Norhidayah desa Pundu Kecamatan Cempaga Hulu Kabupaten Kotawaringin Timur. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.
|
Text
Abstrak (IL).pdf Download (630kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I PENDAHULUAN (IL).pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II LKAJIAN PUSTAKA (IL).pdf Download (593kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN (IL).pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV HASIL PENELITIAN (IL).pdf Download (391kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V PEMBAHSAN (IL).pdf Download (433kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI PENUTUP (IL).pdf Download (96kB) | Preview |
Abstract
Ilpida Hartati, 2015, Manajemen Kepala sekolah dalam mendorong kemandirian Madrasah Ibtidaiyah (MI) Norhidayah Pundu Pembimbing I, Dr .H.M. Yusuf, S.Sos,M.AP , Pembimbing II , Dr. Sonedi ,M.Pd
Penelitian ini berangkat dari asumsi yang mengatakan bahwa ketertinggalan Madrasah selama ini salah satu faktor penyebabnya adalah masih lemahnya segi manajemen, Hal ini menyebabkan rendahnya proses manajemen sekaligus menurunkan daya saing dan menurunkan kualitas dan aset dari segi siswa, oleh karena itu kepala sekolah harus mengerti manajemen dan fungsi-fungsinya yaitu P.O.A.C. dan harus mengenal diri sendiri baik itu secara personal maupun untuk madrasah itu sendiri.
Fokus pembahasan dalam tesis ini meliputi : Manajemen kepala sekolah, Upaya kepala sekolah dalam mendorong kemandirian madrasah, Kemandirian Madrasah yang di sub fokus dengan program kepala sekolah, Tenaga Pendidik dan kependidikan , sarana prasarana, pendanaan/pembiayaan, perkembangan siswa 3 tahun terakhir.
Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mediskripsikan manajemen kepala sekolah di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Norhidayah di desa Pundu Kecamatan Cempaga Hulu kabupaten Kotawaringin Timur , mendiskripsikan Upaya kepala sekolah dalam mendorong kemandirian madrasah Ibtidaiyah Norhidayah di desa Pundu Kecamatan Cempaga Hulu mengetahui bagaimana kemandirian Madrasah Ibtidaiyah (MI) Norhidayah di desa Pundu Kecamatan Cempaga Hulu
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif , Teknik pengumpulan data dilakukan denganobservasi, wawancara, dokumentasisetelah pengecekan data maka diadakan pemeriksaan data dan bersumber dari data primer dan data skunder dan teknik snowball sampling dengan kreteria : Credibility- kepercayaan, transferability- keteralihan, dependability- kebergantungan, dan confirmability- kepastian.
Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Manajemen kepala sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MI) Norhidayah pada awalnya melaksakan Proses manajemen melalsanakan tugas dan fungsi manajemen kepala sekolah MI Norhidayah pada perencanaan, pengorganisasian, pengiatan, pengawasan bersifat integratif ( pembauran ) yang berkarakter dan bahwa 2) manajemen kepala sekolah dikenal dengan EMASLIM yang persfektifnya kedepan menggunakan Figur dan Mediator , 3) kemandirian madrasah diantaranya , yang mana kemandirian itu harus berfikir dan berbuat untuk diri sendiri, 5 yaitu 1) program kepala sekolah/Madrasah, 2) Tenaga pendidik dan kependidikan, 3) Sarana Prasarana, 4) Pendanaan/pembiayaan,5) Perkembanga siswa 3 tahun terakhi pada MI Norhidayah.
Saran kepada kepala sekolah/madrasah agar mengali ilmu tentang Manajemen dan School Based Manajemen (MBS), yang sebenarnya organisasi sekolah dan kepala sekolah sudah melaksanakan akan tetapi tidak tahu tentang keilmuannya, sehingga kurang sempurna kinerja kepala sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | usman usman usman |
Date Deposited: | 05 Aug 2016 04:12 |
Last Modified: | 05 Aug 2016 04:12 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/50 |
Actions (login required)
View Item |