Hikmah, Hikmah (2022) Pengaruh konformitas dan perilaku konsumtif mahasiswa IAIN Palangka Raya terhadap budaya nongkrong di kafe. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
SKRIPSI Hikmah & 1604120550.pdf Download (2MB) |
Abstract
Seiring perkembangan zaman, mudahnya masyarakat kini mencari tempat hiburan seperti kafe menuntun para remaja untuk berperilaku konsumtif. Perilaku konsumtif pada remaja saat ini salah satunya dipengaruhi oleh konformitas. Keberadaan kafe saat ini tentu saja menjadi sebuah fenomena yang menarik dan berdampak bagi kehidupan sosial, terutama perubahan gaya hidup, pola konsumsi, dan bentuk interaksi yang terjadi. Kebiasaan nongkrong di kafe ini merupakan kegiatan yang sering dilakukan baik sekedar untuk mengisi waktu luang ataupun untuk mengerjakan aktivitas lainnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh konformitas dan perilaku konsumtif mahasiswa IAIN Palangka Raya terhadap budaya nongkrong di kafe.
Penelitian ini adalah penelitian kausal dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa IAIN Palangka Raya angkatan 2017-2019 jenjang S1 dengan jumlah sampel sebesar 97 orang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan linearitas. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear berganda, uji t, uji F dan R square.
Hasil dari penelitian adalah konformitas berpengaruh terhadap budaya nongkrong dan terbukti pada uji t dimana nilai thitung 8,599 > ttabel 1,985 atau nilai sig 0,000 < 0,05. Perilaku konsumtif berpengaruh terhadap budaya nongkrong dengan nilai thitung 2,191 > ttabel 1,985 atau nilai sig 0,031 < 0,05. Konformitas dan perilaku konsumtif berpengaruh terhadap budaya nongkrong dengan nilai Fhitung 104,204 > Ftabel 3.090 atau nilai sig 0,000 < 0,05. Dan hasil uji R Square konformitas dan perilaku konsumtif terhadap budaya nongkrong memiliki nilai sebesar 0,689 atau 68,9%.
ABSTRACT
cafes that lead teenagers to behave consumptively. Consumptive behavior in teenagers today is influenced by conformity. The existence of cafes today is of course an interesting phenomenon and has an impact on social life, especially changes in lifestyle, consumption patterns, and forms of interaction that occur. The habit of hanging out at this cafe is an activity that is often done either just to fill spare time or to do other activities. The purpose of this study was to determine the effect of conformity and consumptive behavior of IAIN Palangka Raya students on the culture of hanging out in cafes.
This research is a causal research with a quantitative research approach. The population in this study were students of IAIN Palangka Raya class 2017-2019 at the undergraduate level with a sample of 97 people. The sampling technique used is simple random sampling. The analysis prerequisite test uses normality and linearity tests. The data analysis technique used multiple linear regression test, t test, F test and R square.
The result of the study is that conformity has an effect on hanging out culture and it is proven in the t-test where the tvalue 8.599 > ttable 1.985 or the sig value is 0.000 <0.05. Consumptive behavior affects the culture of hanging out with a tvalue 2.191 > ttable 1.985 or a sig value of 0.031 <0.05. Conformity and consumptive behavior affect the culture of hanging out with an Fvalue of 104.204 > Ftable 3.090 or a sig value of 0.000 <0.05. And the results of the R Square conformity and consumptive behavior towards hanging out culture have a value of 0.689 or 68.9%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perilaku Konsumtif; Ekonomi Islam |
Subjects: | TAJUK SUBJEK ISLAM > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 30 Nov 2023 05:44 |
Last Modified: | 30 Nov 2023 05:44 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4996 |
Actions (login required)
View Item |