Pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan kelompok pertemanan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis islam IAIN Palangka Raya

Suwarti, Sri (2022) Pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan kelompok pertemanan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis islam IAIN Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI - SRI SUWARTI 1804120748.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar status sosial ekonomi orang tua dan kelompok pertemanan berpengaruh secara parsial maupun simultan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palangka Raya.

Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder dengan metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palangka Raya angkatan tahun 2017-2019 dengan jumlah 1.278 mahasiswa. Sampel penelitian sebanyak 93 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palangka Raya angkatan tahun 2017-2019 yang diambil dengan teknik proportionate stratified random sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dengan batas toleransi 10%. Metode analisis data yang digunakan adalah metode Analisis Regresi Linier Berganda dengan menggunakan program SPSS 25.0.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel status sosial ekonomi orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa ditunjukkan dengan nilai Thitung > Ttabel sebesar 3,736 > 1,662. Variabel kelompok pertemanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa ditunjukkan dengan nilai Thitung > Ttabel sebesar 5,682 > 1,662. Variabel status sosial ekonomi orang tua dan kelompok pertemanan berpengaruh secara simultan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa ditunjukkan dengan nilai Fhitung > Ftabel sebesar 244,287 > 3,10 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hasil koefisien determinasi menunjukkan hasil variabel independen, yaitu status sosial ekonomi orang tua dan kelompok pertemanan mampu menjelaskan variabel dependen, yaitu perilaku konsumtif mahasiswa sebesar 84,4% dan sisanya sebesar 15,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk di dalam model.

ABSTRACT

This study aims to determine how much the socio-economics status of parents and friendship groups partially or simultaneously influence the consumptive behavior of students of the Islamic Economics and Business Faculty, IAIN Palangka Raya.

This research is an ex post facto research with a descriptive quantitative approach. The type of data in this study is primary data and secondary data with the method of collecting data using the questionnaire method. The population of this study were students of the Faculty of Economics and Islamic Business IAIN Palangka Raya class of 2017-2019 with a total 1,278 students. The research sample was 93 students of the Islamic Economics and Business Faculty, IAIN Palangka Raya, class of 2017-2019, which were taken using the proportionate stratified random sampling technique. Determination of the number of samples using the Slovin formula with a tolerance limit of 10%. The data analysis method used is the Multiple Linear Regression Analysis method using the SPSS 25.0 program.

The results showed that the variable of parents socio-economics status has a positive and significant effect on the consumptive behavior of students as indicated by the value of Tcount > Ttable of 3.736 > 1.662. The friendship groups variable has a positive and significant effect on the consumptive behavior of students as indicated by the value of Tcount > Ttable of 5.682 > 1.662. The variables of parents socio-economics status and friendship groups have a simultaneous effect on the consumptive behavior of students as indicated by the value of Fcount > Ftable of 244.287 > 3.10 with a significance value of 0.000 < 0.05. The results of the coefficient of determination show that the independent variables, namely the socio-economics status of parents and friendship groups can explain the dependent variable, namely the consumptive behavior of students by 84.4% and the remaining 15.6% is influenced by other variables that are not included in the model.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Status Sosial Ekonomi; Perilaku Konsumen
Subjects: TAJUK SUBJEK ISLAM > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 29 Nov 2023 07:45
Last Modified: 29 Nov 2023 07:46
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4988

Actions (login required)

View Item View Item