Implementasi etika bisnis islam dalam transaksi jual emas dan perak pada pedagang di Pasar Baru A Kota Palangka Raya

Hidayat, Ahmad Rian (2022) Implementasi etika bisnis islam dalam transaksi jual emas dan perak pada pedagang di Pasar Baru A Kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI AHMAD RIAN HIDAYAT - 1804120854.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam segala bisnis semuanya dikendalikan baik itu halal maupun yang haram. Sebagaimana yang telah diketahui bahwa berdagang dalam Islam diperbolehkan akan tetapi harus sesuai dengan aturannya yaitu aturan yang terkait dalam etika bisnis Islam yang apabila dilakukan sesuai dengan aturan-aturannya maka akan mendatangkan kebaikan kepada yang menjalankannya. Rumusan masalah penelitian ini yaitu 1) Bagaimana Praktik Transaksi Jual Emas dan Perak di Pasar Tradisional Pasar Baru A Kota Palangka Raya. 2) Bagaimana Implementasi Etika Bisnis Islam dalam Transaksi Jual Emas dan Perak terhadap Pedagang di Pasar Tradisional Pasar Baru A Kota Palangka Raya.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik transaksi jual Emas dan Perak di Pasar Tradisional Pasar Baru A Kota Palangka Raya, untuk mengetahui implementasi etika bisnis Islam dalam transaksi jual emas dan perak terhadap pedagang di Pasar Baru A Kota Palangka Raya. Metode penelitian ini adalah kualitatif. Jenis penelitian deskriptif.

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Transaksi pedagang Emas dan Perak di Pasar Baru A Kota Palangka Raya, semuanya sudah melakukan transaksi yang sesuai dengan ajaran Islam dan dalam transaksinya terdapat sepuluh kegiatan transaksi yang dilakukan pedagang diantaranya: jenis dan karakteristik barang, harga produk, penetapan harga dan harga jual kembali, transaksi penjualan, pelayanan, bukti pembayaran ataupun perjanjian, kualitas mutu, jaminan model, negosiasi, promo, jaminan timbangan dan garansi namun dalam praktiknya tidak semua pedagang melakukan hal tersebut, artinya para pedagang di Pasar Baru A Kota Palangka Raya masih belum semuanya beretika. Sedangkan dalam implementasinya menggunakan lima indikator dalam etika bisnis Islam yaitu ketauhidan, keadilan, pertanggungjawaban, kebajikan dan kejujuran. Serta para pedagang secara teori dan prakteknya belum sepenuhnya memahami tentang etika bisnis Islam.

ABSTRACT

In all business everything is controlled whether it is lawful or unlawful. As it is known that trading in Islam is allowed but must be in accordance with the rules, namely the rules related to Islamic business ethics which if done in accordance with the rules will bring good to those who run it. The formulation of the research problem is 1) How is the Practice of Selling Gold and Silver Transactions in the Traditional Market of Pasar Baru A City of Palangka Raya. 2) How to Implement Islamic Business Ethics in Selling Gold and Silver Transactions to Traders in the Traditional Market of Pasar Baru A, Palangka Raya City.

The purpose of this study was to determine the practice of selling Gold and Silver transactions in the traditional market of Pasar Baru A City of Palangka Raya, to determine the implementation of Islamic business ethics in selling transactions of Gold and Silver to traders in Pasar Baru A City of Palangka Raya. This research method is qualitative. This type of research is descriptive.

The results of this study can be concluded that the transactions of Gold and Silver traders in the new market A city of Palangka Raya, all of them have carried out transactions in accordance with Islamic teachings and in the transactions there are ten transaction activities carried out by traders including: types and characteristics of goods, product prices, pricing and resale prices, sales transactions, services, proof of payment or agreements, quality quality, model guarantees, negotiations, promos, scale guarantees and guarantees. While the implementation uses five indicators in Islamic business ethics, namely monotheism, justice, responsibility, virtue and honesty. And traders in theory and practice do not fully understand Islamic business ethics.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Etika Bisnis Islam; Jual Beli
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150399 Business and Management not elsewhere classified
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
TAJUK SUBJEK ISLAM > Fiqih > Mu'amalah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 28 Nov 2023 07:52
Last Modified: 28 Nov 2023 07:58
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4979

Actions (login required)

View Item View Item