Herliani, Yeni (2016) Pengaruh perilaku konsumen dan label halal produk makanan rumah tangga terhadap keputusan konsumsi di Palangka Raya (keluarga mahasiswa ekonomi syariah IAIN Palangka Raya). Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
|
Text
Skripsi Yuni H.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
LAmpiran.pdf Download (302kB) | Preview |
Abstract
Setiap individu memiliki sifat atau perilaku yang berbeda dalam menentukan pilihan, termasuk untuk memilih suatu kebutuhan dan keinginan. Dalam dunia modern saat ini telah hadir berbagai pilihan produk yang berstandar lokal maupun internasional salah satunya adalah produk makanan. Yaitu makanan yang di produksi dalam negeri hingga produk makanan import dari luar negeri, dan juga produk makanan olahan seperti home industri. Label halal yang ada pada produk makanan tentulah sangat memiliki dampak dan pengaruh bagi konsumen, khususnya konsumen muslim yang dianjurkan mengkonsumsi makanan thayyib dan halal. Untuk itu penelitian ini akan difokuskan pada pengaruh perilaku konsumen dan label halal produk makanan rumah tangga terhadap keputusan konsumsi di palangkaraya (keluarga mahasiswa ekonomi syariah) bertujuan untuk mengetahui pengaruh perilaku konsumen dan label halal produk makanan rumah tangga terhadap keputusan konsumsi dengan teknik analisis Korelasi Product Moment menggunakan SPSS 18.0.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto, dan melakukan analisis data dengan uji Regresi berganda. Metode pengumpulan data penulis menggunakan observasi dan angket. Dari hasil uji coba instrument yang dilakukan pada 20 responden dengan jumlah 40 item pertanyaan dinyatakan valid dan dapat digunakan untuk mengumpulkan data pada sampel penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiwa Ekonomi Syariah IAIN Palangka Raya tahun angkatan 2012-2015. Sedangkan sampel penelitian berjumlah 75 responden mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Jurusan Ekonomi Syariah IAIN Palangka Raya, dan dari jumlah responden tersebut diberikan angket untuk dijawab. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah Regresi Berganda.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa yang didapatkan dari uji F (serentak) sebesar 7,132, maka sesuai dengan kriteria uji F tersebut maka Ho ditolak. Artinya ada pengaruh secara signifikan antara perilaku konsumen dan label halal secara bersama-sama atau serentak terhadap keputusan konsumsi. Hasil yang didapat dari nilai R Square sebesar 0,165 yang dapat diartikan bahwa variabel perilaku konsumen (X1) dan label halal produk makanan rumah tangga (X2) mempunyai pengaruh sebesar 16,5% terhadap variabel keputusan konsumsi (Y). Sedangkan sisanya sebesar 83,5% dipengaruhi oleh faktor lainnya.
ABSTRACT
Choosing a need and desire. In the modern world of today has come a wide selection of products both local and international standards one of which is a food product. Namely food production in the country for food products imported from abroad, as well as processed food products sutch as cottage industries. Existing halal label on food products would have been very impact and influence for consumers, particularly Muslim consumers are encouraged to consume Thayyib food and halal. For this study will focus on the effect of consumer behavior and halal label food products by household to consumption decisions in Palangkaraya (Student Association of Islamic Economics at IAIN Palangkaraya) to determine the effect of consumer behavior and halal label food products by households to consumption decision analysis techniques Correlation Product Moment using SPSS 18.0.
This research is quantitative descriptive research type ex post facto, and perform data analysis with multiple regression test. Data collection methods the authors used observations and questionnaires. From the test result perfomed on the instrument 20 respondents to the uestion number 40 items declared valid and can be used to collect the data in the study sample. The population in this study were all students of Islamic Economics at IAIN Palangkaraya in force from 2012 to 2015. While the study sample were 75 respondents students of Faculty of Islamic Economics and Business, Departementof Islamic Economics at IAIN Palangkaraya, and from the number of respondents were given a uaestionnaire to be answered. Data analysis technique used is Multiple Regression.
The result of this study indicate that obtained from the F test (simultaneous) amounted tp 7.132, then in accordance with the F test criteria then Ho is rejected. This means that there are significant effect between consumer behavior and halal label together or simultaneously on consumption decisions, the results obtained from the value of R Square of 0.165 which means that the consumer behavior variables (X1) and label halal food products household (X2) 16,5% have influence on consumer decision variable (Y). while the remaining 83,5% is influenced by other factors.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Label halal; perilaku konsumen; keputusan konsumsi; ekonomi syariah; consumer behavior; makanan |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180119 Law and Society |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah |
Depositing User: | muchti muchti nurhidaya |
Date Deposited: | 20 Apr 2017 02:42 |
Last Modified: | 20 Apr 2017 02:42 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/496 |
Actions (login required)
View Item |