Penerapan model discovery learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi besaran dan Satuan MTs Muslimat NU Palangka Raya

Jasmin, Jasmin and Suhartono, Suhartono and Muhammad, Nasir (2021) Penerapan model discovery learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi besaran dan Satuan MTs Muslimat NU Palangka Raya. Jurnal Penelitian SAINS dan Pendidikan, 1 (2). pp. 129-135. ISSN 2775-6580

[img] Text
3289-11048-1-PB.pdf

Download (777kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model discovery learning pada materi besaran dan satuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif pra eksperimental dengan desain One Group Pretest-Posttest design. Pengambilan sampel menggunakan pupossive sampling, sampel yang dipilih yaitu kelas VII. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Muslimat NU Palangka Raya. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar, dan lembar angket motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan motivasi belajar siswa sebelum dan setelah penerapan model discovery learning dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan motivasi dan hasil belajar siswa MTs Muslimat NU Palangka Raya sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran discovery learning pada materi besaran dan satuan dengan tingkat ketuntasan sebesar 63,64% dalam kategori sedang.

Item Type: Journal Article
Uncontrolled Keywords: Model Discovery Learning
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Perpustakaan Pusat
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 27 Jul 2023 03:14
Last Modified: 27 Jul 2023 03:14
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4913

Actions (login required)

View Item View Item