Jasmin, Jasmin and Suhartono, Suhartono and Muhammad, Nasir (2021) Penerapan model discovery learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi besaran dan Satuan MTs Muslimat NU Palangka Raya. Jurnal Penelitian SAINS dan Pendidikan, 1 (2). pp. 129-135. ISSN 2775-6580
Text
3289-11048-1-PB.pdf Download (777kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model discovery learning pada materi besaran dan satuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif pra eksperimental dengan desain One Group Pretest-Posttest design. Pengambilan sampel menggunakan pupossive sampling, sampel yang dipilih yaitu kelas VII. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Muslimat NU Palangka Raya. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar, dan lembar angket motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan motivasi belajar siswa sebelum dan setelah penerapan model discovery learning dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan motivasi dan hasil belajar siswa MTs Muslimat NU Palangka Raya sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran discovery learning pada materi besaran dan satuan dengan tingkat ketuntasan sebesar 63,64% dalam kategori sedang.
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Discovery Learning |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Perpustakaan Pusat |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 03:14 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 03:14 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4913 |
Actions (login required)
View Item |