Norhalipah, Norhalipah and Nirmalasari, Ridha (2021) Penerapan media animasi berbantukan model pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi struktur dan fungsi jaringan tanaman. JPSP: Jurnal Penelitian Sains dan Pendidikan, 1 (2). pp. 152-163. ISSN 2775-6580
Text
2895-11051-1-PB.pdf Download (847kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model inkuiri terbimbing berbantukan media animasi terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik dan mengetahui keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui penerapan model inkuiri terbimbing berbantukan media animasi pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan kelas VIII MTS Islamiyah Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif desain penelitiannya menggunakan one group pretes postes. Instrumen yang digunakan adalahsoal tes keterampilan berpikir kritis dengan 7 sub indikator dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Teknik
pengambilan sampel menggunakan porpusive sampling dengan jumlah peserta didik sebanyak 15 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantukan media animasi pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan kelas VIII A MTS Islamiyah Palangka Raya telah terlaksana dengan baik dengan persentase sebesar 84,09%. Keterampilan berpikir kritis peserta didik termasuk dalam kriteria baik dilihat dari analisis pencapaian sub indikator keterampilan berpikir kritis.
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Inkuiri |
Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060799 Plant Biology not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Perpustakaan Pusat |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 03:03 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 03:03 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4911 |
Actions (login required)
View Item |