Pembelajaran online pada masa pandemi Covid-19 meningkatkan kesulitan Belajar matematika pada siswa Sekolah Dasar

Annisah, Siti and Masfi'ah, Siti (2021) Pembelajaran online pada masa pandemi Covid-19 meningkatkan kesulitan Belajar matematika pada siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian SAINS dan Pendidikan, 1 (1). pp. 62-70. ISSN 2775-6580

[img] Text
2812-9387-1-PB.pdf

Download (481kB)

Abstract

Pembelajaran online di masa pandemic covid-19 membuat siswa SD semakin sulit menguasai materi matematika. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana pembelajaran online telah meningkatkan kesulitan belajar matematika bagi siswa sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif yang melibatkan 31 siswa, 9 orangtua, dan guru kelas IV MIN 4 Lampung Timur. Wawancara dan dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data primer dan sekunder. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu reduks, display, dan verifikasi data. Temuan penelitian ini adalah 1) terjadi penurunan hasil belajar matematika pada siswa sekolah dasar sebagai akibat pembelajaran online, 2) peningkatan kesulitan belajar matematika yang dialami siswa pada pembelajaran online, dan 3) aspek-aspek yang menjadi penyebab meningkatnya kesulitan belajar matematika pada pembelajaran online. Dengan demikian pembelajaran online di awal masa pendemi covid-19 memberi dampak negative terhadap peningkatan kesulitan belajar matematika bagi siswa sekolah dasar.

Item Type: Journal Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran online; Pandemi Covid-19
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Perpustakaan Pusat
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 27 Jul 2023 02:31
Last Modified: 27 Jul 2023 02:31
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4910

Actions (login required)

View Item View Item