Evaluasi pembelajaran pendidikan agama islam dan implikasinya terhadap motivasi belajar peserta didik di MTs NU Banat Kudus

Tsawab, M. Chusnuts and Khasanah, Uswatun and Afrida, Nor Faelashofa and Maisyanah, Maisyanah (2020) Evaluasi pembelajaran pendidikan agama islam dan implikasinya terhadap motivasi belajar peserta didik di MTs NU Banat Kudus. Al-Mudarris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 2 (2). pp. 93-112. ISSN 2622-1586

[img] Text
2127-7742-1-PB.pdf

Download (281kB)

Abstract

Motivasi belajar merupakan aspek yang sangat penting sebagai langkah untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Dalam konteks ini, pendidik mempunyai peran dan tanggung jawab yang sangat besar dalam menumbuhkan motivasi belajar peserta didiknya, yakni salah satunya dengan memberikan evaluasi pembelajaran. Tujuannyauntuk mengetahui apakah evaluasi pembelajaran yang telah dilakukan selama ini mampu mempengaruhi motivasi belajar peserta didik MTs NU Banat Kudus secara signifikan. Penelitian dilakukan menggunakan rancangan kualitatif dengan metode studi kasus yang diperoleh dari hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi pembelajaran mampu memeberikan pengaruh yang sangat besar terhadap motivasipeserta didik dalam belajar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa evaluasi pembelajaran adalah komponen penting dari pendidikan, karena sangat berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik dalam meningkatkan volume dan strategi belajar.

Item Type: Journal Article
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam; Motivasi Belajar
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Perpustakaan Pusat
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 21 Jul 2023 02:57
Last Modified: 21 Jul 2023 02:57
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4886

Actions (login required)

View Item View Item