Explorative study on the impact of work from home (wfh) on the performance of gpai semarang district in covid-19 pandemic situation

Khamid, Abdul and Rahmawati, Aida Dwi (2020) Explorative study on the impact of work from home (wfh) on the performance of gpai semarang district in covid-19 pandemic situation. Al-Mudarris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 2 (2). pp. 67-80. ISSN 2622-1586

[img] Text
2030-7734-1-PB.pdf

Download (181kB)

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui informasi terkait dengan bagaimana pelaksanaan kebijakan Work From Home (WFH) terhadap kinerja Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) dalam situasi pandemi wabah Covid-19.Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan terhadap Guru Pendidikan Agama Islam yang ada di
Kabupaten Semarang. Responden dipilih secara acak yaitu 10 Guru Pendidikan Agama Islam yang terdiri dari 10 kecamatan berbeda yang ada di Kabupaten Semarang. Terdapat dua jenis data, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan dengan melakukan wawancara secara tidak langsung melalui angket Google Form yang disebarkan via Whatsapp, sementara data sekunder diperoleh melalui kajian literatur, jurnal, serta artikel terkait yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak WFH terhadap kinerja GPAI dipengaruhi oleh dua faktor diantaranya faktor pendorong dan faktor penghambat. Adapun faktor pendorong yaitu adanya motivasi yang timbul dan rasa tanggung jawab dari GPAI bersangkutan dan faktor penghambat berupa masalah-masalah kecakapan penggunaan gawai, keterbatasan kuota internet, keterbatasan akses internet, dan sebagainya

Item Type: Journal Article
Uncontrolled Keywords: Dampak WFH; Kinerja Guru
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Perpustakaan Pusat
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 21 Jul 2023 02:30
Last Modified: 21 Jul 2023 02:30
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4885

Actions (login required)

View Item View Item