Profil kemampuan komunikasi matematis peserta didik dalam pemecahan masalah soal cerita

Ma'rifah, Chusnul and Sa'dijah, Cholis and Subanji, Subanji and Nusantara, Toto (2020) Profil kemampuan komunikasi matematis peserta didik dalam pemecahan masalah soal cerita. EduSains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8 (2). ISSN 2580-3247

[img] Text
1991-8125-2-PB.pdf

Download (854kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita pada materi barisan dan deret. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitiatif serta menggunakan metode survey. Subjek dalam penelitian ini adalah 15 peserta didik MAN 3 Malang yang terbagi dalam kelompok berkemampuan komunikasi matematis tinggi, sedang, dan rendah. Dari masing-masing kelompok, diambil satu subyek untuk dideskripsikan kemampuan komunikasi matematisnya. Hasil menunjukkan bahwa peserta didik dengan kemampuan komunikasi matematis tinggi memiliki kemampuan komunikasi matematis yang baik dalam representasi penyelesaian masalah soal cerita dan dalam mengomunikasikan hal-hal yang berkaitan dengan soal dengan simbol matematis. Untuk peserta didik berkemampuan komunikasi matematis sedang, cenderung melakukan kesalahan dalam menulis representasi penyelesaian masalah, serta sudah dapat menuliskan hal-hal yang diketahui, ditanya, dan kesimpulan dengan menggunakan simbol matematis secara benar. Adapun untuk peserta didikdengan komunikasi matematis rendah, bawah belum dapat memenuhi keduanya.

Item Type: Journal Article
Uncontrolled Keywords: Komunikasi matematis
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Perpustakaan Pusat
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 06 Jul 2023 00:39
Last Modified: 06 Jul 2023 00:39
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4853

Actions (login required)

View Item View Item