Komparasi efektivitas antara problem based learning (pbl) dan project based learning (pjbl) terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari motivasi belajar matematika

Sianturi, Rozi and Firdaus, M. and Susiaty, Utin Desy (2020) Komparasi efektivitas antara problem based learning (pbl) dan project based learning (pjbl) terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari motivasi belajar matematika. Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8 (2). pp. 57-69. ISSN 2580-3247

[img] Text
1772-8122-2-PB.pdf

Download (630kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perbandingan hasil belajar ranah kemampuan berpikir kritis antara penerapan model pembelajaran PBL dan PjBL pada materi bentuk aljabar ditinjau dari motivasi belajar matematika peserta didik kelas VII. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen faktorial 2x3. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Sungai Raya Kepulauan terdiri dari tiga kelas, dengan sampel kelas VII A dan VII B yang dipilih secara random. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes dengan bentuk soal
uraian. Metode analisis data menggunakan statistik melalui uji anava dua jalan 2 x 3 dengan sel tak sama pada data post-test peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara signifikan model PBL lebih baik dari pada PjBL terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi bentuk aljabar ditinjau dari motivasi belajar matematika peserta didik.

Item Type: Journal Article
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning; Project Based Learning; Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Perpustakaan Pusat
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 04 Jul 2023 04:19
Last Modified: 04 Jul 2023 04:19
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4851

Actions (login required)

View Item View Item