Penerapan pembelajaran berbasis socio scientific issues untuk meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah

Siska, Siska and Triani, Wili and Yunita, Yunita and Maryuningsih, Yuyun and Ubaidillah, Mujib (2020) Penerapan pembelajaran berbasis socio scientific issues untuk meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah. EduSains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8 (1). pp. 22-23. ISSN 2580-3247

[img] Text
1490-6731-2-PB.pdf

Download (483kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kemampuan argumentasi ilmiah siswa pada pembelajaran biologi dengan socio scientific issues. Penelitian ini dilakukan di dua sekolah yaitu SMA N 1 Suranenggala dan SMA N 1 Sliyeg yang terdapat di provinsi Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrument tes berupa pretes dan postes, tes yang
digunakan berupa tes uraian (essay) untuk mendapatkan data kemampuan argumentasi ilmiah siswa pada materi pembelajaran biologi yang berkaitan dengan isu-isu sosial yangmarak terjadi di masyarakat. Data diambil dengan sampel menggunakan uji statistik meliputi uji prasyarat dan uji hipotesis menggunakan uji t.Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan argumentasi ilmiah siswa menggunakan strategi
pembelajaran socio scientific issues.

Item Type: Journal Article
Uncontrolled Keywords: Biology Education
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Perpustakaan Pusat
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 04 Jul 2023 04:15
Last Modified: 04 Jul 2023 04:15
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4847

Actions (login required)

View Item View Item