Erfan, Muhammad and Maulyda, Mohammad Archi and Ermiana, Ida and Rchmatul, Vivi and Hidayati, Hidayati and Ratu, Tursina (2020) Profil kemampuan pembedaan rangkaian seri dan paralel calon guru sekolah dasar. EduSains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8 (1). pp. 13-21. ISSN 2580-3247
Text
1907-6729-2-PB.pdf Download (443kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan calon guru sekolah dasar dalam membedakan rangkaian seri dan rangkaian paralel. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel diambil secara acak (random sampling) sebanyak 195 orang mahasiswa calon guru sekolah dasar di salah satu universitas negeri di kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Data dikumpulkan melalui tes sebanyak 40 butir soal berbentuk pilihan ganda dengan dua opsi jawaban. Teknik analisis data dilakukan dengan peresentase ketercapaian per indikator dan dikatagorikan berdasarkan kriteria yang ditetapkan.Berdasarkan persentase jawaban mahasiswa pada masing-masing indikator diperoleh bahwa pada besaran satuan rangkaian listrik katagori baik, pada alat ukur listrik katagori cukup, pada susunan rangkaian listrik katagori kurang, pada karakteristik rangkaian berdasarkan arus listrik kategori cukup, pada karakteristik rangkaian berdasarkan tegangan listrik katagori cukup, serta pada karakteristik rangkaian berdasarkan daya listrik adalah katagori cukup. Secara keseluruhan mahasiswa calon guru sekolah dasar cukup mampu membedakan rangkaian seri dan rangkaian paralel.
Item Type: | Journal Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan calon guru; Rangkaian Listrik |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Perpustakaan Pusat |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 04 Jul 2023 04:12 |
Last Modified: | 04 Jul 2023 04:12 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4846 |
Actions (login required)
View Item |