Political Dynamics of Islamic Law in the Reform Era: A Study of the Response of Muhammadiyah Cadres in Central Kalimantan

Sukti, Surya and Warsito, Tulus and Qodir, Zuly and Jubba, Hasse (2022) Political Dynamics of Islamic Law in the Reform Era: A Study of the Response of Muhammadiyah Cadres in Central Kalimantan. Samarah, 6 (2). pp. 1022-1045. ISSN p2549 – 3132; e2549 – 3167

[img] Text
01 Political Dynamic of Islamic Law in the Reform Era-A Study ... (Surya Sukti, dkk, 2022).pdf

Download (296kB)

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk memberikan kontribusi keilmuan bagi perkembangan kajian Islam dan politik hukum Islam khususnya demokrasi perpektif kader Muhammadiyah di Kalimantan Tengah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian empiris dengan pendekatan kualitatif-deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara terhadap informasi kunci yaitu kader Muhammadiyah dan studi literatur berupa tulisan yang terkait dengan pembahasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Perkembangan demokrasi Indonesia di Era Reformasi, 2005 hingga 2019 sebagaimana dipahami cukup dinamis hal ini dapat dilihat dari isu-isu misalnya; pemilihan umum, HAM dan gender, terorisme dan demokrasi, selanjutnya respon kader Muhammadiyah terhadap demokrasi; (1) demokrasi kompatibel atau sejalan dengan nilai-nilai ajaran Islam; dan (2) ketiga mata pelajaran tersebut lebih mementingkan demokrasi prosedural daripada demokrasi substantif, seperti penyelenggaraan pemilihan umum serta rekrutmen politik nasional dan daerah, yang harus diperbaiki dan dibenahi.

Item Type: Journal Article
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180199 Law not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Syariah > Program Studi Hukum Keluarga Islam
Depositing User: usman usman usman
Date Deposited: 12 Jun 2023 03:35
Last Modified: 12 Jun 2023 03:35
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4772

Actions (login required)

View Item View Item