Rudiansyah, Rudiansyah (2016) Inovasi pedagang kaki lima dalam penggunaan merek KFC di Kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
|
Text
Skripsi Rudiansyah.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (810kB) | Preview |
Abstract
Muāmalah merupakan aktivitas yang berhubungan dengan hal yang bersifat profan, duniawi, mengatur hubungan manusia dengan sesama seperti transksi bisnis. Hak Kekayaan Intelektual bisa disebut HKI atau Intellctual Property Right (IPR) pada dasarnya merupakan hak yang lahir berdasarkan hasil karya intelektual seseorang. HKI merupakan kunstruksi hukum terhadap perlindungan kekayaan intelektual sebagai hasil cipta-karsa pencipta atau penemunya. Merek adalah tanda yang berupa gambar, nama, kata, huruf-huruf, angka-angka, susunan warna, atau kombinasi dari unsur-unsur tersebut yang memiliki daya pembeda dan digunakan dalam kegiatan perdagangan atau jasa. Berdasarkan hal tersebut peneliti ingin mengentahui mengenai pedagang kaki yang mengunakan merek KFC, dengan rumusan masalah adalah (1) Bagaimana Penggunaan merek KFC pada pedagang kaki lima di Kota Palangka Raya? (2) Bagaimana etika bisnis Islam dalam penggunaan merek KFC yang bukan haknya di kota Palangka Raya?
Penelitian ini lapangan atau field research yang artinya penelitian ini dilakukan langsung dilapangan. Penelitian lapangan atau field research menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Objek yang diambil yaitu mengakaji dari segi inovasi pedagang kaki lima yang menggunakan merek KFC yang berlokasi di jalan G.obos dan Yossudarso Kota Palangka Raya. Subjek yaitu ada 5 orang pedagang kaki lima dalam pengguan merek KFC. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini yaitu mengguanakan teknik wawancara, observasi dan dukementasi.
Hasil dari penelitian ini mengenai pedagang kaki lima yang menggunakan merek KFC di Kota Palangka Raya,yaitu dari segi konsumen banyak yang menyukai ayam goreng KFC pedagang kaki lima dikarenakan murah, dari segi para pedagang kaki lima Kota Palangka Raya, yang menggunakan merek KFC sangat diuntungkan karena konsumen banyak yangmenyukainya, apa yang di lakukan oleh pedagang kaki lima dalam menggunakan merek KFC merupakan strategi dan menjadi peluang untuk berbisnis mendapatkan keuntungan baik jangka pendek maupun jangka panjang. Etika bisnis Islam dalam penggunaan merek KFC yang bukan haknya di kota Palangkar Raya, memang dari segi etika apa yang di lakukan oleh pedagang kaki lima, menggunakan hak orang lain, akan tetapi apa yang dilakukan oleh pedagang kaki lima dalam penggunaan merek KFC di Kota Palangka Raya lebih banyak unsur maslāhat dari pada mudhāratnya, karena Islam sangat mengahargai bekerja, berinovasi.Sebagai mana firman Allah SWT dalam ayat Q.S At. Taubah 105
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Inovasi; Pedagang Kaki Lima; Penggunan Merek KFC; Trader |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah |
Depositing User: | muchti muchti nurhidaya |
Date Deposited: | 10 Apr 2017 03:53 |
Last Modified: | 10 Apr 2017 03:53 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/475 |
Actions (login required)
View Item |