Mitra, Mitra (2021) Manajemen adiwiyata di SMP Negeri 2 Laung Tuhup. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Tesis Mitra - 19013279.pdf Download (2MB) |
Abstract
Konsep pelestarian lingkungan atau konservasi alam di lingkungan sekolah telah tertuang dalam undang-undang melalui pelaksanaan program adiwiyata. Penghargaan adiwiyata diberikan kepada sekolah yang telah mampu melaksanakan upaya peningkatan lingkungan hidup secara benar sesuai ketentuan yang telah ditetapkan. Seluruh stakeholder yang bekerjasama dengan pihak SMP Negeri 2 Laung Tuhup melakukan kajian awal dengan salah satu tujuannya melalui program ini diharapkan tumbuh dan berkembang karakter peduli lingkungan bagi siswa, guru, maupun warga sekolah menjadi habituation atau budaya dalam kehidupannya untuk mengentaskan masalah dampak kerusakan lingkungan sekolah maupun lingkungan hidup tempat tinggalnya dengan penerapan pembiasaan pendidikan karakter peduli lingkungan di sekolah.
Rumusan masalah yang dikaji pada peneleitian ini adalah program adiwiyata di SMP Negeri 2 Laung Tuhup ditinjau dari aspek perencanaan, pelaksanaan, pengorganisasian dan evaluasi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengorganisasian dan evaluasi program adiwiyata di SMP Negeri 2 Laung Tuhup.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang jenisnya deksriptif. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi sedangkan pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pendidikan karakter peduli lingkungan di SMP Negeri 2 Laung Tuhup dimulai dengan studi awal kajian lingkungan oleh pihak PT. Pama Persadanusantara untuk menganalisa dampak kerusakan lingkungan yang terjadi di sekolah lalu menunjuk subcontraktor untuk menangani dan mendampingi pihak sekolah dalam upaya konservasi lingkungan sekolah dengan bekerjasama dan support dari pihak ekstenal seperti Dinas Pendidikan dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Murung Raya, pelaksanaan program dengan berbasis partisipatif dengan dukungan warga sekolah dan masyarakat sekitar serta dengan pengintegrasian konsep lingkungan kedalam semua mata pelajaran, pemanfaatan ekstrakurikuler lingkungan dan pramuka untuk menunjang pelestarian lingkungan sekolah, kemudian evaluasi program dilaksanakan dengan melibatkan semua pihak dan untuk pendampingan dari pihak perusahaan maupun subcontraknya sudah berakhir sejak tahun 2019 sehingga penilaian adiwiyata mandiri untuk dilanjutkan ke tingkat provinsi menjadi terkendala karena tidak ada pendampingan yang dilakukan terhadap sekolah.
ABSTRACT
The concept of environmental preservation or nature conservation in the school environment has been stipulated in the laws through the implementation of the Adiwiyata program. Adiwiyata awards are given to schools that have been able to carry out efforts improving the environment properly according to predetermined regulations. All stakeholders in collaboration with SMP Negeri 2 Laung Tuhup have conducted an initial study with one of the designs through this program which is expected to grow and to develop the environmental character for students, teachers, and school members to become a habituation, a culture in their lives to alleviate the problem of the school environment and the living environment damages where he lives by applicating of habituation the environmental character education in schools.
The problem study in this research will discuss about adiwiyata at SMP Negeri 2 Laung Tuhup in terms of planning, implementation, organizing and evaluation aspects. The purpose of this study is to describe the stages of planning, implementing, organizing and evaluating adiwiyata at SMP Negeri 2 Laung Tuhup.
This study uses a qualitative approach with descriptive line. Data collecting using interview techniques, observation and documentation while verifying the validity of the data uses sources and methods triangulation techniques.
The results study shows that the environmental character education program at SMP Negeri 2 Laung Tuhup began with an initial environmental study by PT. Pama Persadanusantara to analyze the impact of environmental damage that occurred in schools and then to appoint subcontractors to handle and to assist the school in performing environmental conservation efforts by collaborating and supporting of external parties such as the Education Office and the Environmental Office of Murung Raya Regency, implementing programs based on participatory of school and community support and by integrating environmental concepts into all subjects, using environmental extracurricular activities and scouts to promote the preservation of the school environment, then a program evaluation is carried out by involving all parties and for assistance from the company and its subcontracts have been over since 2019 so that the independence Adiwiyata assessment to be proceed to the provincial level which is impeded because there is no assistance provided to schools anymore.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen; Pendidikan |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 19 May 2023 04:37 |
Last Modified: | 19 May 2023 04:37 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4728 |
Actions (login required)
View Item |