Manajemen sarana prasarana pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri Model Palangka Raya

Sisca, Amelia (2016) Manajemen sarana prasarana pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri Model Palangka Raya. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
Tesis Sisca Amelia.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu agenda utama pemerintah Indonesia dalam pembangunan Nasional adalah pembangunan di bidang pendidikan yang bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana yang telah diamanatkan dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Untuk itu, pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional yang mampu menjamin pemerataan kesempatan pendidikan, peningkatan mutu serta relevansi dan efisiensi manajemen pendidikan untuk menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan lokal, nasional, dan global. Upaya pemerataan dalam pendidikan dilakukan dengan menerapkan Standar Nasional Pendidikan yang salah satunya terdiri dari Standar Sarana Prasarana Pendidikan. Salah satu sekolah yang memiliki sarana prasarana pendidikan yang memadai di Kota Palangka Raya adalah MAN Model Palangka Raya sehingga perlu diketahui bagaimana manajemen sarana prasarana di sekolah tersebut yang dibuat dalam dua rumusan masalah yaitu: 1. Bagaimana Perencanaan sarana prasarana pendidikan di MAN Model Palangka Raya, 2. Bagaimana Pengadaan sarana prasarana pendidikan di MAN Model Palangka Raya.
Tujuan penelitian ini yaitu: 1. Mendeskripsikan Perencanaan sarana prasarana pendidikan di MAN Model Palangka Raya, 2. Mendeskripsikan Pengadaan sarana prasarana pendidikan di MAN Model Palangka Raya.
Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 2 orang subjek penelitian yaitu Kepala MAN Model Palangka Raya dan 2 orang informan dari koordinator bidang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara: wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan triangulasi data atau sumber yang membandingkan berbagai jenis sumber data dan bukti dari situasi yang berbeda. Adapun pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan: kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas.
Hasil penelitian:1. Perencanaan sarana prasarana pendidikan di MAN Model Palangka Raya sudah berjalan dengan sangat baik, hal ini dikarenakan dalam perencanaan pihak MAN Model melibatkan pihak-pihak yang memang memahami kebutuhan sarana prasarana pendidikan di MAN Model Palangka Raya secara khusus sehingga perencanaan dapat dilaksanakan dengan lancar meskipun tidak bisa dipungkiri kadangkala terjadi sedikit perbedaan antara apa yang terjadi di lapangan dengan perencanaan yang ada, namun hal tersebut sudah dibijaksanai dengan baik oleh pihak MAN Model Palangka Raya. 2. Pengadaan sarana prasarana pendidikan di MAN Model Palangka Raya berlangsung dengan baik. Hal ini dikarenakan pengadaan selalu berusaha dilakukan sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat

English
One of the main agendas of the Indonesian government in national development is development in the field of education aimed at the intellectual life of the nation, as mandated in the Preamble to the Constitution of the Republic of Indonesia Year 1945. Therefore the government shall manage and organize a national education system that is able to guarantee equal access, improved quality also relevance and efficiency of education management to face the challenges in accordance with the changing demands of local, national, and global. The efforts equity in education is done by applying the National Education Standards which consists of Standard Infrastructure Education. One of the schools that have adequate educational infrastructure in the city of Palangkaraya is MAN Model Palangkaraya, it is important to know how the management of infrastructure facilities at the school.
The problems of this study were: 1. How does the planning of education infrastructure at MAN Model Palangkaraya, 2. How does the procurement of education infrastructure at MAN Model Palangkaraya. The research aimed to: 1. Describing the educational infrastructure planning at MAN Model Palangkaraya, 2. Describing the procurement of education infrastructure at MAN Model Palangkaraya.
The method used was qualitative method with descriptive research. Subjects in this study consisted of two research subjects such as The Principal of MAN Model Palangkaraya and two informants from the field coordinator. The data collection was done by: interviews, observation and documentation. Data analysis was done by data triangulation or resource that compares various types of data sources and evidence from different situations. The data validity checking was done by: credibility, transferability, dependability and conformability.
Results of the study: 1. The planning of education infrastructure in MAN Model Palangkaraya has been running very well, this is because in the planning of the MAN Model involves the parts who understand the needs of the infrastructure of education in MAN Model Palangkaraya specifically, so that planning can be implemented smoothly although it cannot sometimes denied there was a slight difference between what was happening in the field with existing planning, but it was already handled well by the MAN Model Palangkaraya. 2. The procurement of education infrastructure in MAN Model Palangkaraya was progressing well. This is because the procurement is always trying to do in accordance with the plan that has been made

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: usman usman usman
Date Deposited: 06 Apr 2017 09:42
Last Modified: 06 Apr 2017 09:42
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/463

Actions (login required)

View Item View Item