Perbandingan penggunaan multimedia interaktif adopsi dengan multimedia interaktif mtsn pada konsep sistem pencernaan di MTSN 1 Model Palangka Raya

Susilawati, Susilawati and Jumrodah, Jumrodah and Handayani, Tri Murni (2015) Perbandingan penggunaan multimedia interaktif adopsi dengan multimedia interaktif mtsn pada konsep sistem pencernaan di MTSN 1 Model Palangka Raya. Edu Sains : Jurnal Pendidikan SAINS dan Matematika, 3 (1). pp. 37-51. ISSN 2338-4387

[img] Text
Jumrodah Multimedia Interaktif Sinta 3.pdf

Download (735kB)
Official URL: https://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.ph...

Abstract

Konsep sistem pencernaan sangat kompleks dan rumit yang bersifat hapalan sehingga sulit dipahami siswa. Pembelajaran dengan menggunakan multimedia interaktif adalah pembelajaran yang menggunakan komputer dengan program
macromedia flash 8 untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar dan animasi dengan alat bantu dan koneksi (tool dan internet link), sehingga pengguna dapat berinteraksi, dan berkarya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar siswa dengan menggunakan multimedia interaktif adopsi pada konsep sistem pencernaan di MTsN 1 Model Palangka Raya, (2) hasil belajar siswa dengan menggunakan multimedia interaktif MTsN pada konsep sistem pencernaan di MTsN 1 Model Palangka Raya, (3) ada atau tidaknya perbedaan penggunaan multimedia interakti adopsi dengan multimedia interaktif MTsN pada konsep system pencernaan di MTsN 1 Model Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan metode comparative (Perbandingan). Subyek penelitian terdiri dari dua kelas VIII yaitu kelas VIII-3 dengan menggunakan multimedia interaktif adopsi dan kelas VIII-2 dengan menggunakan multimedia interaktif MTsN. Penelitian dilakukan di laboratorium komputer MTsN 1 Model Palangka Raya. Multimedia interaktif yang digunakan dikemas dalam bentuk CD. Data dikumpulkan dengan metode tes, dan dokumentasi. Data hasil tes dianalisis dengan uji-t. Dari hasil analisis data diperoleh: (1) rata-rata hasil belajar siswa menggunakan multimedia interaktif adopsi adalah 76, (2) rata-rata hasil belajar siswa menggunakan multimedia interaktif MTsN adalah 74, (3) tidak terdapat perbedaan penggunaan multimedia interaktif adopsi dengan multimedia interakti MTsN pada konsep sistem pencernaan di MTsN 1 Model Palangka Raya dapat
dilihat dari nilai t0 = 3,4 lebih besar dari nilai tt 0,05 (3,4 > 2,021), maka Ho diterima dan Ha ditolak. Konsep sistem pencernaan dapat diajarkan dengan menggunakan multimedia interaktif adopsi maupun multimedia interaktif MTsN di MTsN 1 Model Palangka Raya, sehingga pembelajaran lebih menarik, bermakna dan menjadikan siswa lebih aktif dalam proses belajar.

Item Type: Journal Article
Uncontrolled Keywords: Multimedia Interaktif
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Perpustakaan Pusat
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 08 Apr 2023 04:12
Last Modified: 08 Apr 2023 04:12
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4597

Actions (login required)

View Item View Item