Pengaruh pembelajaran berbasis proyek (project based learning) terhadap hasil belajar dan kemampuan bekerjasama mahasiswa pada matakuliah teknik pengelolaan laboratorium program studi tadris biologi

Jumrodah, Jumrodah and Hujjatusnaini, Noor (2013) Pengaruh pembelajaran berbasis proyek (project based learning) terhadap hasil belajar dan kemampuan bekerjasama mahasiswa pada matakuliah teknik pengelolaan laboratorium program studi tadris biologi. Edu Sains : Jurnal Pendidikan SAINS dan Matematika, 1 (1). p. 39. ISSN 2338-4387

[img] Text
Jumrodah Edu sains PJBL Sinta 3.pdf

Download (238kB)
Official URL: https://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.ph...

Abstract

Biologi sebagai sebuah ilmu dasar mencakup tiga aspek, yaitu produk, proses, dan sikap. Pembelajaran biologi yang baik harus dapat mengembangkan ketiga aspek tersebut sebagai satu kesatuan. Oleh karena itu perlu dikembangkan model-model pembelajaran biologi yang dapat meningkatkan hasil belajar sekaligus dapat meningkatkan kemampuan bekerjasama diantara mahasiswa. Kemampuan mahasiswa bekerjasama dalam timnya dapat memberikan efek positif terhadap hasil belajar. Dalam bekerjasama, kita memiliki kesempatan mengungkapkan gagasan, mendengarkan pendapat orang lain, serta bersama-sama membangun pengertian, menjadi sangat penting dalam belajar karena memiliki unsur yang berguna menantang pemikiran dan meningkatkan harga diri seseorang. Rumusan penelitian ini adalah: mencoba menggali Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar dan kemampuan Bekerjasama Mahasiswa Pada Mata Kuliah Teknik Pengelolaan Laboratorium Program Studi Tadris Biologi Tahun Akademik 2011/2012. Metode penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen, dengan menggunakan rancangan non-randomized control group pretest- posttest design. Sampel penelitian adalah mahasiswa yang memprogramkan mata kuliah teknik pengelolaan laboratorium tahun akademik 2011/2012 adalah sebanyak 2 (dua) kelas, yaitu kelas A sebanyak 23 orang mahasiswa dan kelas B sebanyak 22 orang mahasiswa pada Prodi Tadris Biologi TA. 2011/2012. Setelah mengikuti proses pembelajaran terdapat peningkatan sebesar 68,04% dari hasil pretes sebesar 46,96 untuk kelas eksperimen, dan sebesar 21,27% dari hasil pretes sebesar 54,36 untuk kelas kontrol. Sedangkan untuk kemampuan bekerjasama terdapat peningkatan sebesar 65,61% dari hasil pretes sebesar 51,27 untuk kelas ekeperimen, dan sebesar 30,38% dari hasil pretes sebesar 52,70 untuk kelas kontrol. Dari hasil penelitian ini disarankan perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektifitas pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar pada aspek lainnya.

Item Type: Journal Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran berbasis proyek
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
Divisions: Perpustakaan Pusat
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 08 Apr 2023 02:48
Last Modified: 08 Apr 2023 02:48
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4594

Actions (login required)

View Item View Item