Internalisasi nilai-nilai moderasi dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMAN-1 Antang Kalang Kabupaten Kotawaringin Timur

Hilmatunnisa, Hilmatunnisa (2021) Internalisasi nilai-nilai moderasi dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMAN-1 Antang Kalang Kabupaten Kotawaringin Timur. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Hilmatunnisa - 1701112228.pdf

Download (1MB)

Abstract

Nilai-nilai moderasi beragama sangat penting untuk ditanamkan kepada peserta didik melalui pembelajaran pendidikan Islam. Alasan peneliti tertarik untuk meneliti di SMAN-1 Antang Kalang adalah karena sekolah tersebut mempunyai guru dan murid yang memiliki latar belakang agama yang berbeda-beda dan sebagai lembaga pendidikan formal SMAN-1 Antang Kalang mampu melakukan internalisasi nilai-nilai moderasi beragama pada peserta didik melalui pembelajaran pendidikan agama Islam .Penelitian ini mendeskripsikan dan menganalisis tentang bagaimana internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran PAI di SMAN-1 Antang Kalang dengan permasalahan yakni bagaimana pelaksanaan internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran PAI, nilai-nilai moderasi Islam yang ditanamkan dan juga faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan internalisasi nili-nilai moderasi beragama.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan tempat penelitian SMAN-1 Antang Kalang, subjek penelitian ini adalah guru pendidikan agama Islam. Pengumpulan data menggunakan tiga metode, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. . Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan tahapan mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Tahapan pelaksanaan internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pembelajaran PAI melalui tiga tahapan, yaitu tahap transformasi nilai, tahap transaksi nilai dan tahap transinternalisasi nilai. 2) Nilai-nilai moderasi beragama yang ditanamkan dalam pembelajaran PAI, yaitu tawazun (berkeseimbangan), tasmuh( toleransi) musawah (egaliter) dan tahadhdhur (berkeadaban). 3) Faktor pendukung dalam pelaksanaan internalisasi nilai-nilai moderasi beragama yaitu, guru-guru yang kompak untuk menanamkan nilai moderasi, lingkungan sekolah yang multikultural sehingga memudahkan menanamkan nilai moderasi, kemudian masyarakat yang memiliki sikap toleransi yang tinggi, sehingga murid dapat melihat dan merasakan nilai moderasi itu di luar sekolah. Sedangkan faktor penghambat pelaksanaan internalisasi nilai-nilai moderasi beragama yaitu media sosial, yang mana di media sosial terdapat banyak orang yang senang menyebarkan hoax sehingga hal ini dapat mempengaruhi pemahaman murid. Kemudian keterbatasan fasilitas yang menunjang pembelajaran seperti mushola yang tidak ada ada, dan buku-buku agama yang sedikit.

Abstract

Religious moderation values are very important to be instilled to the students through learning Islamic education. The reasonsof the researcher are interested in conducting research at SMAN-1 Antang Kalang because it has the teachers and the students have different religious background and as a formal education institution, SMAN-1 Antang Kalang is able to internalize the values of religious moderation to the students through Islamic Education learning. This research describes and analyzes about the internalization of religious moderation value in learning Islamic Education at SMAN-1 Antang Kalang with the problem about the implementation of the internalization of religiousmoderation value in learning Islamic Education, instilled Islamic moderation values as well as supporting and inhibiting factors in the implementation of the internalization of religious moderation values.

This research used a descriptive qualitative research which was conducted at SMAN-1 Antang Kalang. The subject of this research was the Islamic Education teachers. Three techniques were used to collect the data, those are: observation, interview, and documentation. The triangulation of source was used to test the data validity. Four stages of data analysis technique was used, those are: collecting data, reducing data, presenting data, and drawing conclusion.

The result of this study indicated that: 1) The stages of the implementation of internalization of religion moderation values in learning Islamic education go through three stages, namely the transformation value stage, thetransaction value stage, and the transinternalization value stage. 2) The religious moderation values instilled in learning Islamic Education are tawazun (balance), tasmuh (tolerance), musawah (equality), and tahadhdhur (civilized). 3) the supporting factors in implementating the internalization of religious moderation values are the compact teachers to instill moderation value, a multicultural school environment which makes it easier to instill moderation values, also thehigh tolerance people make the students able to see and feel the value of moderation outside school. Meanwhile, the inhibiting factor for the implementation of the internalization of the religious moderation values is social media. On social media there are many people who like to spread hoaxes, so it can affect students' understanding. Then, the inadequate facilities which support learning, such as the non-existent mosque, and the few of religious books.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Nilai moderasi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 26 Jan 2023 03:47
Last Modified: 26 Jan 2023 03:57
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4476

Actions (login required)

View Item View Item