Pengaruh ekuitas merek, harga, dan distribusi terhadap trend keputusan pembelian rokok elektrik (vape) di kalangan mahasiswa di Kota Palangka Raya

Wulansari, Septiana (2021) Pengaruh ekuitas merek, harga, dan distribusi terhadap trend keputusan pembelian rokok elektrik (vape) di kalangan mahasiswa di Kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Septiana Wulansari - 1604120510.pdf

Download (13MB)

Abstract

Kebiasaan merokok di Indonesia merupakan suatu pemandangan yang sudah tidak asing lagi. Saat ini dikalangan mahasiswa khususnya dikota Palangka Raya sedang diramaikan dengan munculnya vape. Pengaruh ekuitas merek, harga, dan distribusi sendiri menjadi pertimbangan penting dalam keputusan pembelian rokok elektrik dikalangan mahasiswa. Merek merupakan nama dari sebuah produk untuk dapat selalu diingat oleh konsumen terlebih lagi dikalangan mahasiswa, harga juga menjadi pertimbangan mahasiswa dalam menentukan jenis atau merek apa yang cocok untuk keputusan pembelian mahasiswa, pendistribusian rokok elektrik juga menjadi pertimbangan bagi mahasiswa apakah produk yang ingin dibeli tersedia apa tidak di toko.

Penelitian ini adalah kuantitaif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasinya adalah mahasiswa pengguna rokok eletrik (vape) dan sampel sebanyak 233 responden. Teknik analisis penelitian ini yang digunakan adalah uji normalitas, uji linearitas, uji heteroskedastisitas, uji regresi linear berganda, uji produk moment, koefisien determinan (r2), uji signifikan simultan (uji F), Uji signifikan parsial (uji T). Analisis penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS 16.0.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa yang didapatkan dari uji F secara bersama-sama sebesar 107.056, maka sesuai dengan kriteria uji F tersebut maka Ha diterima yang artinya ada pengaruh yang signifikan. Hasil uji t secara parsial (sendiri-sendiri) yaitu ekuitas merek terhadap keputusan pembelian sebesar 7.971, maka sesuai dengan kriteria uji t tersebut maka Ha diterima yang artinya ada pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Harga terhadap keputusan pembelian sebesar 5.304, maka sesuai dengan kriteria uji t tersebut maka Ha diterima yang artinya ada pengaruh yang signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Distribusi terhadap keputusan pembelian sebesar 2.302, maka sesuai dengan kriteria uji t tersebut maka Ha diterima yang artinya ada pengaruh yang signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda diperoleh model persamaan regresi adalah Y = 0,402 + 0,283 + 0,133 sehingga dapat disimpulkan variabel ekuitas merek lebih berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian karena diperoleh persamaan regresi 0,402.

Abstract

The smoking habit in Indonesia is a familiar sight. Currently, students, especially in the city of Palangka Raya, are being enlivened by the emergence of vape. The influence of brand equity, price, and distribution itself is an important consideration in e-cigarette purchasing decisions among students. Brand is the name of a product that consumers can always remember, especially among students, price is also a consideration for students in determining what type or brand is suitable for student purchasing decisions, distribution of e-cigarettes is also a consideration for students whether the product they want to buy is available or what not at the store.

This research is quantitative using a quantitative approach. The population is students who use electric cigarettes (vape) and a sample of 233 respondents. The analysis technique used in this research is normality test, linearity test, heteroscedasticity test, multiple linear regression test, product moment test, determinant coefficient (r2), simultaneous significant test (F test), partial significance test (T test). The analysis of this study used the SPSS 16.0 application.

The results of this study indicate that those obtained from the F test together are 107,056, then according to the F test criteria, Ha is accepted, which means that there is a significant effect. The results of the t test partially (individually), namely brand equity on the purchase decision of 7.971, then according to the t test criteria, Ha is accepted, which means that there is a significant effect on the purchase decision. The price on the purchase decision is 5.304, so according to the t test criteria, Ha is accepted, which means that there is a significant influence on the purchasing decision variable. The distribution of the purchase decision is 2.302, so according to the t test criteria, Ha is accepted, which means that there is a significant influence on the purchasing decision variable. Based on the results of multiple regression analysis, the regression equation model is Y = 0.402 + 0.283 + 0.133 so that it can be concluded that the brand equity variable has a more dominant effect on purchasing decisions because the regression equation is 0.402.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Distribusi; Pembelian;Keputusan; Rokok Elektrik (vape)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140219 Welfare Economics
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email daniaty_marina@yahoo.com
Date Deposited: 22 Dec 2022 06:52
Last Modified: 22 Dec 2022 06:52
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4432

Actions (login required)

View Item View Item