Syaipullah, Syaipullah (2021) Aktivitas penggunaan gadget siswa kelas vii smpn 2 kecamatan jabiren raya kabupaten pulang pisau. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
TESIS SYAIPULLAH-19016122-.pdf Download (1MB) |
Abstract
Gadget dalam hal ini merupakan salah satu bentuk nyata dari kemajuan Ilmu pengetahuan dan teknologi pada saat ini dan yang akan datang. Selain itu, penggunaan teknologi (gadget) dalam kehidupan sehari-hari selain mempengaruhi perilaku orang dewasa, perilaku anak-anak yang merupakan peserta didik di Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) pun tidak luput dari pengaruh penggunaan gadget. Aktivitas penggunaan gadget siswa SMP belum mampu mengelola waktu belajar mereka dengan baik. Hal ini disebabkan sulitnya anak melepaskan diri mereka dari penggunaan gadget sehingga menyebabkan pengelolaan waktu belajar anak belum terkelola dengan baik. Aktivitas penggunaan gadget juga dapat terjadi pada siswa SMPN 2 Kecamatan Jabiren Raya Kabupaten Pulang Pisau, dimana siswa lebih banyak bermain chatting, main game, dengar musik, nonton tayangan audio visual, serta tiktok. Dibandingkan untuk mencari materi pembelajaran yang diberikan oleh guru.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) durasi penggunaan gadget siswa kelas VII SMPN 2 Kecamatan Jabiren Raya Kabupaten Pulang Pisau; 2) konten/materi gadget yang sering digunakan siswa kelas VII SMPN 2 Kecamatan Jabiren Raya Kabupaten Pulang Pisau.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dan dalam pembahasannya menggunakan metode deskriptif analitik. Teknik penggalian data dilakukan dengan observasi terhadap 11 orang siswa kelas VII, wawancara pada 1 guru PAI, kepala sekolah dan orang tua siswa kelas VII; dilengkapi melalui dokumentasi sekolah.
Hasil temuan bahwa: 1) durasi penggunaan gadget siswa kelas VII SMPN 2 Kecamatan Jabiren Raya Kabupaten Pulang Pisau yaitu hampir rata-rata durasi menggunakan hp sekitar 2 hingga 5 jam dengan waktu yang berjeda-jeda, ketika mengalami ketergantungan gadget yang berdampak pada emosi atau tingkah laku; 2) konten/materi gadget yang sering digunakan siswa kelas VII SMPN 2 Kecamatan Jabiren Raya Kabupaten Pulang Pisau yaitu Whatsapp, Classroom, Google, Youtube, Tiktok, Instagram dan main game.
ABSTRACT
Gadget is a concrete form of Science and Technology advance at present and future. Besides, technology (gadget) usage in daily life affects adult behavior, even children behavior which students at Elementary School (SD) and Junior High School (SMP) also affected from effect of gadget usage. The activity of gadget usage like described above also happened at SMPN 2 Jabiren Raya Sub-District Pulang Pisau Regency. Gadget usage activity on Junior High School students still not able to manage their study time well. Children tend chatting, playing games, listen to music, watch audio-visual shows, and tiktok than looking for learning material that given by teachers. Compared to finding learning material provided by the teacher.
Compared to looking for learning materials provided by the teacher. The purpose of this study was to describe: 1) duration of using gadget of seventh grade students at SMPN 2 Jabiren Raya Sub-District Pulang Pisau Regency; 2) content / material in gadget usage activity of seventh grade students at SMPN 2 Jabiren Raya Sub-District Pulang Pisau Regency.
This research was qualitative and in its study used analytic descriptive method. Data collection technique used observation to 11 seventh grade students, interview with 1 Islamic Education teacher, Principal and parents from seventh grade students; completed by school documentation.
Result showed that: 1) duration of using gadget of seventh grade students at SMPN 2 Jabiren Raya Sub-District Pulang Pisau Regency, almost the average duration of using a cellphone is around 2 to 5 hours with intermission, when experiencing gadget dependence which has an impact on emotions or behavior; 2) content / material in gadget usage of seventh grade students at SMPN 2 Jabiren Raya Sub-District Pulang Pisau Regency such as Whatsapp, Classroom, Google, Youtube, Tiktok, Instagram and Game.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gadget |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | fuah fuah marfuah |
Date Deposited: | 20 Dec 2022 02:46 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 02:46 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4406 |
Actions (login required)
View Item |