Pengaruh model pembelajaran treffinger dengan berbantuan media gambar terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa pada materi sistem peredaran darah kelas viii smp negeri 8 palangka raya

Malini, Iva (2021) Pengaruh model pembelajaran treffinger dengan berbantuan media gambar terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa pada materi sistem peredaran darah kelas viii smp negeri 8 palangka raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI IVA MALINI-1701140478.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertolak dari penggunaan model pembelajaran konvensional yang hanya berpusat pada guru sehingga membuat aktivitas siswa menjadi terbatas dan kurang terlibat dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran treffinger berbantuan media gambar terhadap hasil belajar dan kreativitas siswa, serta keterterapannya pada materi sistem peredaran darah.

Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya yaitu quasi eksperimen. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Palangka Raya dengan jumlah 33 siswa pada kelas VIII-7 dan 32 siswa pada kelas VIII-8. Teknik pengambilan sampel adalah menggunakan teknik purposive sampling.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran treffinger berbantuan media gambar terhadap hasil belajar siswa dengan kriteria pengujian dimana nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Model pembelajaran treffinger berbantuan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dilihat dari pengujian n-gain dipeoleh hasil rata-rata kelas eksperimen sebesar 0,53 dengan kategori sedang. (2) Kreativitas siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Palangka Raya dengan model pembelajaran treffinger berbantuan media gambar dengan nilai rata-rata keseluruhan siswa adalah sebesar 78,21 atau 78% dengan kriteria sedang. (3) Keterterapan model pembelajaran treffinger berbantuan media gambar pada materi sistem peredaran darah termasuk kriteria sangat baik dengan nilai rata-rata keseluruhan pada pertemuan pertama sebesar 3,37 dengan kualifikasi sangat baik dan pada pertemuan kedua diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 3,90 dengan kualifikasi sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran treffinger berbantuan media gambar terhadap hasil belajar dan kreativitas siswa pada materi sistem peredaran darah kelas VIII SMP Negeri 8 Palangka Raya.

ABSTRACT

This research departs from the use of conventional learning model that are only teacher-centered so so that students' activities are limited and less involved in the learning process. This research aims to determine the effect of treffinger learning model with picture media on students' learning outcomes and creativity, as well as its application to the circulatory system material.

This research uses a quantitative approach with quasi-experimental design. The sample of this research is class VIII SMP Negeri 8 Palangka Raya with a total of 33 students in class VIII-7 and 32 students in class VIII-8. The sampling technique is using purposive sampling technique.

The results showed that (1) There is an influence of treffinger learning model with picture media on students' learning outcomes with the test criteria where the value of Sig. (2-tailed) of 0.000 < 0.05, then H0 is rejected and Ha is accepted. The treffinger learning model with picture media can improve students' learning outcomes seen by the n-gain test, with the average result of the experimental class is 0.53 with a medium category. (2) Creativity of class VIII SMP Negeri 8 Palangka treffinger learning model with picture media an overall average score of 78.21 or 78% with moderate criteria. (3) The application of treffinger learning model with picture media on the circulatory system material includes very good criteria with an overall average score of 3.37 at the first meeting with very good qualifications and 3.90 at the second meeting with very good qualifications. Thus, it can be concluded that there is an influence of treffinger learning model with picture media on students' learning outcomes and creativity in the circulatory system material class VIII SMP Negeri 8 Palangka Raya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0604 Genetics > 060499 Genetics not elsewhere classified
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: fuah fuah marfuah
Date Deposited: 07 Dec 2022 08:02
Last Modified: 07 Dec 2022 08:02
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4370

Actions (login required)

View Item View Item