Pengembangan penuntun praktikum berbasis pendekatan saintifik pada materi jaringan tumbuhan terhadap keterampilan proses sains peserta didik kelas xi sman 3 palangka raya

Saputra, Sendi Okta (2021) Pengembangan penuntun praktikum berbasis pendekatan saintifik pada materi jaringan tumbuhan terhadap keterampilan proses sains peserta didik kelas xi sman 3 palangka raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI SENDI OKTA SAPUTRA-1701140498.pdf

Download (2MB)

Abstract

Abstract

Penelitian ini berdasarkan dari hasil analisis kebutuhan yaitu belum adanya penuntun praktikum berbasis pendekatan saintifik yang dapat digunakan dalam proses kegiatan praktikum sehingga perlu adanya pengembangan penuntun praktikum untuk membantu proses kegiatan praktikum peserta didik di SMAN 3 Palangka Raya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui deskripsi, validitas, kepraktisan, efektivitas dan keterampilan proses sains peserta didik pada penuntun praktikum materi jaringan tumbuhan yang bermanfaat untuk menambah bahan ajar bagi guru, membantu pemahaman konsep bagi peserta didik dan menjadi acuan untuk dapat mengembangkan produk yang lain bagi peneliti.

Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan pengembangan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Uji produk yaitu pada skala kecil di SMAN 3 Palangka Raya dan instrumen yang digunakan berupa angket validasi ahli, angket respon peserta didik, angket observasi keterlaksanaan, soal efektifitas dan angket observasi keterampilan proses sains. Selanjutnya, data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif dari setiap validator dan peserta didik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa deskripsi penuntun praktikum yang dikembangkan yaitu berupa penuntun praktikum yang basis didalamnya memuat tahapan-tahapan pendekatan saintifik dan merupakan penuntun praktikum yang memenuhi aspek materi dan media serta sesuai dengan tahap pengembangan ADDIE. Penuntun praktikum yang dikembangkan memperoleh nilai validasi ahli materi persentase 82,64% dengan kriteria sangat valid dan validasi ahli media memperoleh persentase 87,50 % dengan kriteria sangat valid dan dapat digunakan pada tahap selanjutnya. Sedangkan nilai kepraktisan memperoleh persentase 82,5% dengan kriteria sangat praktis dan keterlaksanaannya memperoleh persentase 73,96% dengan kriteria baik. Hasil belajar skala kecil pretest-postest peserta didik dengan rata-rata N-gain 0,47 kriteria sedang. Adapun data keterampilan proses sains peserta didik dengan rata-rata 76,92 kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian maka produk penuntun praktikum berbasis pendekatan saintifik pada materi sistem jaringan tumbuhan terhadap keterampilan proses sains dinyatakan valid, efektif dan praktis serta dapat digunakan sebagai penunjang kegiatan praktikum pada mata pelajaran jaringan tumbuhan.

ABSTRACT

This research is based on the results of needs analysis, namely the absence of practicum guides based on scientific approaches that can be used in the process of practicum activities so that there needs to be the development of practicum guides to help the process of practicum activities of students in SMAN 3 Palangka Raya. The purpose of this study is to know the description, validity, practicality, effectiveness, and skills of the scientific process of learners in the practicum guide plant tissue material that is useful to add teaching materials for teachers, help understanding concepts for learners, and become a reference to be able to develop other products for researchers.

This type of research is Research and Development (R&D) with ADDIE development model consisting of 5 stages of development, namely Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Product test is on a small scale at SMAN 3 Palangka Raya and the instruments used in the form of expert validation questionnaires, student response questionnaires, implementation observation questionnaires, effectiveness questions, and science process skills observation questionnaires. Furthermore, the data obtained is analyzed quantitatively and qualitatively from each validator and learner.

The results showed that the description of the practicum guide developed is in the form of a practicum guide whose basis contains the stages of the scientific approach and is a practicum guide that meets the material and media aspects and following the development stage of ADDIE. The developed practicum guide obtained a material expert validation value of 82.64% with very valid criteria and media expert validation obtained a percentage of 87.50% with very valid criteria and can be used at a later stage. While the practical value obtains a percentage of 82.5% with very practical criteria and its implementation obtains a percentage of 73.96% with good criteria. Small-scale study results pretest-postest learners with an average N-gain of 0.47 medium criteria. The data of students' science process skills with an average of 76.92 criteria are good. Based on the results of the research, practicum guidance products based on a scientific approach on plant tissue system materials to science process skills are declared valid, effective, and practical and can be used as a support for practicum activities in plant tissue subjects.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Praktikum
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060705 Plant Physiology
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0607 Plant Biology > 060799 Plant Biology not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: fuah fuah marfuah
Date Deposited: 06 Dec 2022 06:30
Last Modified: 06 Dec 2022 06:30
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4360

Actions (login required)

View Item View Item