Jaminan perlindungan konsumen dalam jual beli pakaian online di palangka raya

Amalia, Novia Rizky (2021) Jaminan perlindungan konsumen dalam jual beli pakaian online di palangka raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI NOVIA RIZKY AMALIA-1702130128.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya konsumen yang mengalami ketidaksesuaian barang yang dikirim oleh pelaku usaha, akan tetapi pelaku usaha memiliki rasa tanggung jawab kepada konsumen yang mengalami ketidaksesuaian pengiriman barang atau ada barang yang mengalami kecacatan. Oleh karena itu kajian ini difokuskan kepada jaminan perlindungan konsumen dalam jual beli pakian online di Palangka Raya. Rumusan masalah penelitian ini 1) bagaimana praktik jual beli pakaian online di Palangka Raya dan 2) apakah penjual pakaian online memberikan perlindungan terhadap konsumen pembeli pakaian online tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik jual beli pakaian online di Palangka Raya dan untuk mengetahui penjual pakaian online memberikan perlindungan terhadap konsumen pembeli pakaian online di Palangka Raya. Jenis penelitian ini adalah empiris dengan tipe yuridis sosiologis dengan pendekatan kualitatif socio legal subjek pelaku usaha dan konsumen sedangkan objeknya adalah perlindungan konsumen yang dilakukan oleh pelaku usaha. Hasil penelitian ini adalah dalam praktek jual beli pakaian online pelaku usaha menerapkan tiga cara dalam melakukan transaksi jual beli secara online pertama dalam hal pemesanan barang konsumen bisa langsung menghubungi pelaku usaha melalui kontak whatsapp dan instagram, kedua melakukan pembayaran melalui transfer kerekening pelaku usaha atau dengan cod (cash on delivery) dan yang terakhir konsumen bisa melihat penilaian barang dari konsumen sebelumnya dengan melihat review produk yang sudah disediakan pelaku usaha di instagram. Pelaku usaha memberikan perlindungan kepada konsumen dengan memperhatikan kepuasan konsumen dalam hal pengecekan barang kembali sebelum mengirimkan barang ke konsumen dan memastikan barang yang dikirim sudah sesuai dengan pesanan konsumen seperti ukuran, warna dan tidak ada kecacatan barang dan pelaku usaha bertanggung jawab kepada konsumen yang melakukan komplain barang dalam bentuk pengembalian sejumlah uang yang senilai dengan barang yang dibeli oleh konsumen maupun pengiriman barang baru yang sesuai dengan pesanan konsumen sebelumnya. Oleh karena itu upaya penjual dalam memberikan jaminan perlindungan konsumen sesuai dengan prinsip dalam ekonomi Islam yaitu beritikad baik, kejujuran dan bertanggung jawab.

ABSTRACT

This research is motivated by the existence of consumers who experience discrepancies in goods sent by business actors, but business actors have a sense of responsibility to consumers who experience discrepancies in delivery of goods or there are goods that have defects. Therefore, this study is focused on guaranteeing consumer protection in buying and selling clothes online in Palangka Raya. The formulation of the research problem 1) how is the practice of buying and selling clothes online in Palangka Raya and 2) whether online clothing sellers provide protection to consumers who buy online clothes. protection for consumers of online clothing buyers in Palangka Raya. This type of research is empirical with a sociological juridical type with a socio-legal qualitative approach, the subject of business actors and consumers while the object is consumer protection carried out by business actors. The results of this study are in the practice of buying and selling clothes online, business actors apply three ways of conducting online buying and selling transactions, first in terms of ordering consumer goods, they can directly contact business actors via WhatsApp and Instagram contacts, secondly, make payments via transfer of business actors' accounts or by cod (cash on delivery) and lastly, consumers can see the assessment of goods from previous consumers by looking at product reviews that have been provided by business actors on Instagram. Business actors provide protection to consumers by paying attention to consumer satisfaction in terms of checking goods back before sending goods to consumers and ensuring that the goods sent are in accordance with consumer orders such as size, color and no defects in goods and business actors are responsible to consumers who complain about goods. in the form of a refund of an amount of money which is equivalent to the goods purchased by the consumer as well as the delivery of new goods in accordance with previous consumer orders. Therefore, the seller's efforts to provide consumer protection guarantees are in accordance with the principles in Islamic economics, namely good faith, honesty and responsibility.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Jual Beli
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Syariah > Program Studi Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: fuah fuah marfuah
Date Deposited: 06 Dec 2022 04:00
Last Modified: 06 Dec 2022 04:02
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4357

Actions (login required)

View Item View Item