Perbandingan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (tgt) dengan student teams achievement division (stad) terhadap minat dan hasil belajar materi sistem ekskresi berbantuan media animasi kelas viii mts muslimat nu palangka raya

Triningsih, Nika Noviana (2021) Perbandingan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (tgt) dengan student teams achievement division (stad) terhadap minat dan hasil belajar materi sistem ekskresi berbantuan media animasi kelas viii mts muslimat nu palangka raya. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI NIKA NOVIANA TRININGSIH-1701140469.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar peserta didik pada saat pembelajaran sehingga peserta didik kurang memahami materi dan berakibat pada hasil belajar mereka yang rendah. Selain itu pada saat guru memberikan penjelasan menggunakan metode ceramah dan demonstrasi peserta didik tidak fokus serta kurang memperhatikan materi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) perbedaan minat peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif TGT dan STAD pada materi sistem ekskresi berbantuan media animasi kelas VIII MTs Muslimat NU Palangka Raya. 2) perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif TGT dan STAD pada materi sistem ekskresi berbantuan media animasi kelas VIII MTs Muslimat NU Palangka Raya.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian menggunakan Nonrandomized Control Group Pre-test-Post-test Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs Muslimat NU Palangka Raya Tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan untuk penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen TGT dan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen STAD. Penelitian ini dilaksanakan secara daring dengan bantuan group belajar melalui aplikasi Whatsapp.Teknik dan instrumen pengumpulan data: 1) angket, 2) observasi, 3) tes (pretest dan posttest). Instrumen pada penelitian ini menggunakan uji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, dan daya beda. Teknik analisis data menggunakan uji homogenitas, normalitas, dan uji hipotesis.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara minat belajar peserta didik yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan Student Teams Achievement Division (STAD) pada materi sistem ekskresi berbantuan media animasi kelas VIII MTs Muslimat NU Palangka Raya. 2) tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan Student Teams Achievement Division (STAD) pada materi sistem ekskresi berbantuan media animasi kelas VIII MTs Muslimat NU Palangka Raya.

ABSTRACT

The background of this research is the low interest in learning of students at the time of learning so that students do not understand the material and resulting in poor learning outcomes. In addition, when the teacher provides an explanation using the lecture and demonstration method, the students do not focus and pay less attention to the learning material. The purpose of this study was to determine: 1) the differences in the interests of students using the TGT and STAD cooperative learning models in the excretion system material assisted by animation media class VIII MTs Muslimat NU Palangka Raya. 2) differences in learning outcomes of students using the TGT and STAD cooperative learning models in the excretion system material assisted by animation media for class VIII MTs Muslimat NU Palangka Raya.

This study used a quantitative approach with research design the Nonrandomized Control Group Pre-test-Post-test Design. The population in this study were all grade VIII students of MTs Muslimat NU Palangka Raya in the academic year 2020/2021. The sampling technique in this study was using purposive sampling technique. The sample used for this study was class VIII A as the TGT experimental class and class VIII C as the STAD experimental class. This research was carried out online with the help of a study group through the Whatsapp application. Data collection techniques and instruments: 1) questionnaire, 2) observation, 3) test (pretest and posttest). The instrument in this study used a test of validity, reliability, difficulty level, and difference power. The data analysis technique used the homogeneity, normality and hypothesis tests.

The results of this study indicate that 1) there is no significant difference between the learning interests of students who are taught using the Teams Games Tournament (TGT) learning model and the Student Teams Achievement Division (STAD) on the excretion system material assisted by animation media class VIII MTs Muslimat NU Palangka Raya . 2) there is no significant differences between the learning outcomes of students who are taught using the Teams Games Tournament (TGT) learning model and the Student Teams Achievement Division (STAD) on the excretion system material assisted by animation media class VIII MTs Muslimat NU Palangka Raya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: fuah fuah marfuah
Date Deposited: 06 Dec 2022 03:48
Last Modified: 06 Dec 2022 03:48
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4356

Actions (login required)

View Item View Item