Pengelolaan education management information system (emis) pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Barito Utara

Tawaddin, Bakti (2021) Pengelolaan education management information system (emis) pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Barito Utara. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Tesis Bakti Tawaddin - 17013174.pdf

Download (1MB)

Abstract

MIN 1 Barito Utara merupakan madrasah yang menggunakan EMIS dalam pengambilan keputusan, akan tetapi diketahui dalam pengelolaan EMIS yang ada di MIN 1 Barito Utara masih banyak mengalami permasalahan-permasalahan yang dapat menghambat pemanfaatan EMIS tersebut, seperti susahnya untuk login, tidak bisa mutasi masuk dan tidak bisa menyimpan data. Maka berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan EMIS Pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Barito Utara.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis kualitatif deskriptif, Tempat penelitian ini adalah Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Barito Utara, dengan subjek penelitian adalah kepala sekolah, waka kurikulum dan operator EMIS Pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Barito Utara. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian teknik analisis data dilakukan dengan empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data sedangkan teknik pengabsahan data dilakukan dengan Teknik triangulasi jenis triangulasi sumber dan metode.

Hasil penelitian yang diperoleh adalah, 1) Perencanaan EMIS di MIN 1 Barito Utara diawali dari proses rapat melibatkan seluruh komponen Pendidikan untuk menganalisis instrument pengisian data EMIS dari Kementerian Agama, dilakukan setiap akhir semester. Rapat membahas data-data yang dibutuhkan, pembagian tugas, dan penentuan siapa yang bertanggung jawab dan kapan kegiatan tersebut dilakukan, waktu pengumpulan disesuaikan dengan batas yang telah ditetapkan oleh pihak kementerian. 2) Pengorganisasian EMIS di MIN 1 Barito Utara dilakukan dengan pembagian tugas yang disesuaikan dengan kemampuan dan fungsi masing-masing komponen/ personil agar pengumpulan data benar, tepat sasaran dan efisien. Sehingga menjamin terkumpulnya data EMIS yang akurat. 3) Pelaksanaan EMIS di MIN 1 Barito dilakukan melalui pengumpulan data oleh masing-masing individu yang telah ditugaskan, setelah terkumpul data disusun menggunakan Microsoft Excel kemudian setelah selesai, dilakukan upload data yang telah di backup ke aplikasi EMIS kemudian data EMIS yang telah ter update digunakan dalam proses perencanaan dan pengambilan keputusan dalam rangka peningkatan mutu Pendidikan di MIN 1 Barito utara. 4) Pengawasan pengelolaan EMIS di MIN 1 Barito Utara dilakukan secara intern oleh kepala sekolah dan secara extern oleh pengawas madrasah dari kementerian. Pengawasan dilakukan dalam bentuk monitoring dan evaluasi menggunakan instrument pengawasan. Monitoring dilakukan dengan memantau pelaksanaan kegiatan maupun program kerja yang telah ditetapkan dan disepakati bersama agar berjalan dengan baik, termasuk pemantauan terhadap pemuatan data EMIS. Evaluasi dilakukan berkaitan dengan keterlaksanan program pengelolaan EMIS, yaitu mengenai pencapaian tujuan dan kendala yang dihadapi. Hasil evaluasi nantinya akan digunakan menyusun perencanaan baru, yang disesuaikan dengan perbaikan-perbaikan yang telah disepakati.

ABSTRACT

MIN 1 Barito Utara is a madrasah that uses EMIS in decision making, but it is known that in the management of EMIS in MIN 1 North Barito there are still many problems that can hinder the use of EMIS, such as difficulty logging in, unable to enter and not transferring. can store data. So based on this, this study aims to describe the process of planning, organizing, implementing and supervising EMIS in Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Barito Utara.
This research uses a qualitative approach, with a descriptive qualitative type. The place of this research is Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Barito Utara, with the research subjects being the principal, the curriculum assistant and the EMIS operator at Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Barito Utara. The data collection technique used observation, interview and documentation techniques, then the data analysis technique was carried out in four stages, namely data collection, data reduction, data presentation, and data verification, while the data validation technique was carried out by using triangulation techniques, the type of triangulation of sources and methods.

The results obtained are: 1) EMIS planning at MIN 1 North Barito begins with a meeting process involving all education components to analyze the EMIS data entry instrument from the Ministry of Religion, conducted at the end of each semester. The meeting discussed the data needed, the division of tasks, and determining who was responsible for and when the activity was carried out, the time for collection was adjusted to the limits set by the ministry. 2) EMIS organization at MIN 1 North Barito is carried out by dividing the tasks according to the capabilities and functions of each component / personnel so that data collection is correct, on target and efficient. This ensures that accurate EMIS data is collected. 3) The implementation of EMIS at MIN 1 Barito is carried out through data collection by each individual who has been assigned, after the data is compiled using Microsoft Excel then after completion, uploading the data that has been backed up to the EMIS application then using the updated EMIS data is used in the planning and decision-making process in order to improve the quality of education at MIN 1 North Barito. 4) Supervision of EMIS management at MIN 1 Barito Utara is carried out internally by the school principal and externally by madrasah supervisors from the ministry. Supervision is carried out in the form of monitoring and evaluation using surveillance instruments. Monitoring is carried out by monitoring the implementation of activities and work programs that have been mutually agreed upon so that they run smoothly, including monitoring the loading of EMIS data. Evaluation is carried out in relation to the implementation of the EMIS management program, namely regarding the achievement of objectives and the obstacles faced. The results of the evaluation will later be used to formulate a new plan, which is adjusted to the agreed improvements.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Management
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 05 Dec 2022 03:02
Last Modified: 05 Dec 2022 03:02
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4340

Actions (login required)

View Item View Item