Pengaruh pendapatan mahasiswi terhadap daya beli mahasiswi IAIN Palangka Raya dalam membeli pakaian berhijab secara online di media sosial

Yanti, Lili Rifki (2016) Pengaruh pendapatan mahasiswi terhadap daya beli mahasiswi IAIN Palangka Raya dalam membeli pakaian berhijab secara online di media sosial. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img]
Preview
Text
BAB I (Pendahuluan).pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak (LR).pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II (Kajian pustaka).pdf

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III (Metode Penelitian).pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV (Laporan Penelitian).pdf

Download (935kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V (Penutup).pdf

Download (136kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Dilihat dari mahasiswi IAIN Palangka Raya saat ini daya beli mereka bisa dikatakan tinggi dalam berbelanja online terutama pembelian dibidang pakaian. Namun tidak semua mahasiswi yang bisa membeli pakaian setiap minggunya atau pun setiap bulannya karena mahasiswi di IAIN Palangka Raya tidak semua memiliki pendapatan sendiri. Bagi mereka yang memiliki pendapatan sendiri maka daya beli mereka tinggi, tapi ada juga mereka yang tidak memiliki pendapatan maka daya beli mereka rendah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana “Pengaruh Pendapatan Mahasiswi Terhadap Daya Beli Mahasiswi IAIN Palangka Raya Dalam Membeli Pakaian Berhijab Secara Online Di Media Sosial” dengan tekhnik analisis Korelasi Product Moment (r) menggunakan program SPSS 18.0.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif sehingga dalam pengumpulan datanya peneliti menggunakan tekhnik observasi, kuesioner/angket, dan dokumentasi. Dari hasil uji coba istrumen yang dilakukan pada 25 orang responden diperoleh 9 item pertanyaan variabel tingkat pendapatan dan variabel daya beli yang valid agar dapat memenuhi kriteria digunakan dalam pengumpulan data penelitian, dengan tingkat reabilitas 0,785 berada kriteria “kuat”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswi IAIN Palangka Raya yang sering berbelanja pakaian melalui media sosial yang berjumlah 1695, sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 94 responden menggunakan tekhnik proporsional cluster random sampling, dengan cara pengambilan sampel yang dilakukan terhadap individu dimana individunya berada dalam satu kelompok. Tiap individu didalam kelompok yang terpilih akan diambil sebagai sampel.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, tingkat pendapatan memiliki pengaruh dengan tingkat hubungan berada pada kategori “kuat” terhadap daya beli. Hal ini berdasarkan hasil koefesien korelasi product moment yaitu sebesar 0,785 kemudian besarnya kontribusi pendapatan terhadap daya beli sebesar 61,7% dan sisanya 38,3% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Sedangkan untuk uji hipotesis diperoleh nilai Sig. sebesar 0,000 artinya terbukti bahwa tingkat pendapatan mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap daya beli.

ABSTRACT

The purchasing power with online shopping of IAIN Palangkaraya’s students increase nowadays, especially of buying clothes. But not all of the students can buy the clothes every week or every month because not all of IAIN Palangkaraya’s students have their own income. The high of purchasing power of the students comes from the students who have their own income, but the purchasing power of the students who have no income by themselves is low. The aim of this research is to study how “ the effect of student’s income regarding of buying hijab clothes on social media by iain palangkaraya’s students" with analyst colleration product moment (r) technique using SPSS18.0 program.

The research used quantitative approach and the method of collecting data are observation, questioner or survey and documentation. From instrument testing result which is done by 25 correspondent got the 9 questions item’s variables of income level, and the validity of purchasing power’s variables that can fullfil the criteria which is used on collecting the research’s data, with the 0,785 reliable level which is on “strong” criteria. The population of this research is the whole students of IAIN Palangka Raya whom often buy clothes by using social media that amount to 1.695 students, while the sample of this research is amount to 94 respondents using proporsional cluster random sampling technique. And the process of taking the sample which is done to individual where the individual was in one group. Each individual of the chosen group will be taken as the sample.

The research’s result shows that income level has the effect to the purchasing power of “strong” criteria level. According to co-effisien correlation product moment is 0,785 and then the income contribution on the puchasing power is 61,7% and the rest is 38,3% that is affected by the other factors. The sig. value of hypothesis test is 0,000, it proves that income level has the significant effect on purchasing power.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan; Daya Beli; income; media sosial
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: muchti muchti nurhidaya
Date Deposited: 10 Mar 2017 03:15
Last Modified: 10 Mar 2017 03:15
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/434

Actions (login required)

View Item View Item