Nilai-nilai pendidikan akhlak pada kitab simthud duror

Hadi, Wahyudi (2021) Nilai-nilai pendidikan akhlak pada kitab simthud duror. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
SKRIPSI WAHYUDI HADI-1401111832.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstract

Penelitian ini bertolak untuk mengetahui dari nilai-nilai pendidikan akhlak dan bait-bait yang berisi tentang biografi Nabi Muhammad SAW dalam kitab Simtud Duror karangan Al Habib Ali bin Muhammad bin Husain Al Habsyi (1259H/1843M).

Penelitian yang akan dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian pustaka (Library Research), sumber data primer dalam penelitian ini adalah kitab Simtud Durar Fi Akhbar Maulid Khairil Basyar wa Ma Lahu min Akhlaq wa Aushaf wa Siyar sebagai data primer. Sedangkan proses pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi yaitu suatu cara pencarian data mengenai hal-hal atau variabel berupa catatan, transkrip, buku, surat kabar, majalah, prasasti, notulen rapat, agenda, dan sebagainya kemudian data tersebut dianalisa dengan teknik conten analysis yaitu menelaah dan mengungkapkan catatan-catatan atau dokumentasi sebagai sumber data untuk dianalisa sesuai dengan yang dibutuhkan sehingga dapat diambil sebuah kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari penelitian tentang nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung di dalam kitab Simtud Duror: pertama, akhlak kepada Allah SWT di antaranya memuji nama-Nya, mengharap ridho, bersyukur. Kedua, akhlak kepada makhluk baik manusia maupun selain manusia (hewan, tumbuh-tumbuhan dan sumber daya alam) di antara akhlak kepada manusia adalah akhlak kepada Nabi Muhammad SAW, akhlak kepada orang tua dan akhlak terhadap diri sendiri. Penulis mendapatkan hasil penelitiannya berupa, pertama akhlak kepada Allah SWT yaitu menyucikan dan memuji asma-Nya, memohonkan ridho, dan bersyukur, kedua akhlak kepada Rasulullah SAW yaitu membacakan shalawat ketika disebutkan namanya, ketiga akhlak kepada diri sendiri yaitu malu, jujur, zuhud, tekad kuat, lemah lembut, dan dermawan, keempat berkeluarga yaitu memilih pasangan hidup yang baik, adil, dan kasih sayang, kelima akhlak bermasyarakat yaitu memenuhi undangan tanpa membeda-bedakan dan berkata jujur walaupun dalam bergurau.

ABSTRACT

This research based on the values of study morals and verses that contain the biography of the Prophet Muhammad SAW in the book of Simtud Duror Al Habib Ali Ibn Muhammad Ibn Husain Al Habsyi (1259H / 1843M).

This research uses a qualitative approach so that the results of research in the form of interpretation and words, seen from the type of place the writer uses library research by making the book Simtud Durur Fi Akhbar Maulid Khairil Basyar wa ma Lahu min Akhlaq wa Aushaf wa Siyar as a primary data. To collect the data writer uses the method of documentation, the method of documentation is a way of searching data about things or variables in the forms of notes, transcripts, books, newspapers, magazines, inscriptions, meetings notes, agenda, etc., then the data is analyzed by content analysis techniques that reviewing and disclosing records or documentation as a source of data for analysis as required so that a conclusion can be drawn.

Related to the moral values contained in the book Simtud Duror in which according to the study of theory obtained the writer mentions that viewed from the scope of akhlaq education include: First, morals to Allah SWT among them praised his name, hoping ridho, grateful. Second, morals to human beings both humans and other than humans (animals, plants, and natural resources). The morals to humans is morals to the Prophet Muhammad SAW, morals to parents, and morals to yourself. The writer gets the results of his research in the form of, First morals to Allah SWT is to purify and praise his names, pleading ridho, and grateful. The second, morals to the Prophet Muhammad SAW is to recite the shalawat when mentioned his name. The third, the morals to self is shame, honest, zuhud, strong, gentle and generous. The fourth, having families are choosing a partner, living a good, fair, and affectionate. The fifth, social morality is to meet invitations without discrimination and tell the truth even in jest.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Akhlak
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: fuah fuah marfuah
Date Deposited: 30 Nov 2022 04:22
Last Modified: 30 Nov 2022 04:22
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4319

Actions (login required)

View Item View Item