Implementasi pendidikan humanistik dan behavioristik dalam metode pembelajaran akidah akhlak di min 1 kotawaringin timur

Said, Amad (2021) Implementasi pendidikan humanistik dan behavioristik dalam metode pembelajaran akidah akhlak di min 1 kotawaringin timur. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
TESIS AMAD SAID-19016127.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstract

Pembelajaran di sekolah seyogyanya dilaksanakan yang menjadikan siswa merasa nyaman, aman. Namun, tidak sedikit dari pendidik yang justru melakukan hal yang sebaliknya, karnanya seorang guru dituntut untuk bersikap humanis dan behavioristik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja pendidikan humanistik dan behavioristik dalam metode pembelajaran Akidah Akhlak di MIN 1 Kotawaringin Timur, bagaimana implementasi pendidikan humanistik dan behavioristik dalam metode pembelajaran Akidah Akhlak di MIN 1 Kotawaringin Timur, dan dampak implementasi pendidikan humanistik dan behavioristik dalam metode pembelajaran Akidah Akhlak di MIN 1 Kotawaringin Timur.

Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, dengan jenis deskriptif yang subyek penelitiannya guru Akidah Akhlak, sedangkan informannya adalah kepala sekolah, koordinator kurikulum, koordinator kesiswaaan, guru dan sebagian siswa kelas V. Dilakukan di MIN 1 Kotawaringin Timur. Teknik analisis data dilakukan dengan empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data, sedangkan Teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode.

Hasil penelitian adalah: 1) Pembelajaran humanistik dan behavioristik dalam metode pembelaajaran Akidah Akhlak di MIN 1 Kotawaringin Timur adalah waktu diterapkan sejak awal siswa masuk di kelas I. Metode pembiasaan, materi siswa saling menghargai, memahami, memotivasi, membangun kemauan, fungsi guru sebagai fasilator dan memperlakukan siswa sesuai dengan kodrat manusia itu sendiri; 2) Implementasi Pendidikan humanistik dan behavioristik dalam metode pembelajaran Akidah Akhlak dan memperlakukan siswa siswa sebagai manusia yang berkedudukan sama, memberikan kesempatan kepada siswa untuk menggali kemampuan yang dimiliki dan memberikan kesempatan mencari makna dan pemahaman sendiri.

ABSTRACT

Learning in schools should be implemented so that students feel comfortable, safe. However, not a few of the educators do the opposite, because a teacher is required to be humanist and behavioristic. This study aims to determine what is humanistic and behavioristic education in the Akidah Akhlak learning method at MIN 1 Kotawaringin Timur, how is the implementation of humanistic and behavioristic education in the Akidah Akhlak learning method at MIN 1 Kotawaringin Timur, and the impact of humanistic and behavioristic education implementation in the Akidah learning method at MIN 1, Kotawaringin Timur.

This study uses a qualitative approach with a descriptive type in which the research subjects are teachers of Akidah Akhlak, while the informants are the Principal, Curriculum Coordinator, Student Coordinator, Teachers and some students from class V. It is conducted at MIN 1 Kotawaringin Timur with the research subject is Teacher of Akidah Akhlak. The data analysis technique is carried out in four stages; data collection, data reduction, data presentation, and data verification, while the data validity technique is carried out by triangulation of sources and triangulation of methods.

The results of this study are: 1) Humanistic and behavioristic learning in the teaching method of Akidah Akhlak at MIN 1 Kotawaringin Timur are the phase which is applied since the beginning of class I. Habitual method, student material respects, understands, motivates, builds the will, functions of the teacher as a facilitator, and treat students according to human nature itself; 2) Implementation of humanistic and behavioristic education in the Akidah Akhlak learning method and treating students as human beings who have the same position, providing opportunities for students to explore their abilities and provide opportunities to find their own meaning and understanding.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Humanistik, Behavioristik
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: fuah fuah marfuah
Date Deposited: 10 Nov 2022 04:04
Last Modified: 10 Nov 2022 04:04
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4296

Actions (login required)

View Item View Item