Pendidikan agama islam pada anak masa pandemi covid-19 dalam keluarga karyawan pt. sampit kabupaten kotawaringin timur

Sarifuddin, Ahmad (2021) Pendidikan agama islam pada anak masa pandemi covid-19 dalam keluarga karyawan pt. sampit kabupaten kotawaringin timur. Masters thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
TESIS AHMAD SARIFUDDIN-19016125.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstract

Mewujudkan generasi bangsa yang berkepribadian dan berkualitas berlandaskan imtak dan iptek, maka perlu diupayakan pendidikan agama anak sejak dini dalam lingkungan keluarga. Tanggung jawab orangtua sangat besar dalam hal ini untuk memberikan pendidikan agama kepada anak secara intensif. Di satu sisi orangtua juga berkewajiban memberi nafkah kepada keluarga, sehingga hal tersebut kadang-kadang dapat menjadi kendala untuk dapat memberikan pendidikan agama secara intensif dikarenakan kesibukan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pendidikan agama Islam pada anak masa Pandemi Covid-19 dalam keluarga karyawan PT. SAMPIT Kabupaten Kotawaringin Timur, serta untuk mendeskripsikan dampak pelaksanaan Pendidikan Agama Islam pada anak masa Pandemi Covid-19 dalam keluarga karyawan PT. SAMPIT di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus sebagai salah satu jenis pendekatan deskriptif. Subyek penelitian ini berjumlah 6 keluarga, yaitu keluarga yang mempunyai 2 orang anak yang berumur 6-12 tahun dan dalam pengumpulan data digunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini adalah bahwa pendidikan agama Islam pada anak dalam lingkungan keluarga karyawan PT. SAMPIT Kabupaten Kotawaringin Timur. Dalam pelaksanaannya, keenam keluarga karyawan ini berusaha secara maksimal dalam memberikan pembinaan terhadap pendidikan agama anak mereka, sehingga dalam pelaksanaannya berjalan dengan baik dan sesuai dengan Al-Qur’an dan Hadits. Adapun dalam pelaksanaannya keenam keluarga ini menggunakan: 1) materi: a) tauhid/aqidah Islamiyah yaitu tentang keimanan kepada Allah Swt; b) masalah ibadah yaitu masalah wudu, shalat, puasa, dan membaca Al-Qur’an; c) masalah akhlak yaitu tentang sopan santun, hormat kepada orangtua, mengucapkan salam masuk dan keluar rumah, mengenai metode yang ditekankan yaitu: 2) menggunakan metode keteladanan, pembiasaan, cerita dan nasihat. 3) fasilitas pendidikan agama, mereka selalu berusaha untuk memenuhi segala keperluan belajar agama anak seperti buku-buku agama (al-qur’an, buku tuntunan shalat, buku kunci ibadah, buku pelajaran tajwid dan iqra), serta peralatan shalat (Baju muslim, mukena dan sajadah) dan 4) waktu, disebutkan bahwa waktu yang diberikan pada anak kapan saja baik malam hari maupun pada hari libur kerja. Adapun dampak dalam pelaksanaan pendidikan agama yang diberikan dimasa pandemi Covid-19 berdambak positif, artinya tetap berjalan dengan baik dan mereka menjalankannya dengan semangat berdasarkan pengetahuan agama yang mereka miliki dan untuk menambah pengetahuan agama anaknya, mereka memasukan anaknya ke TKA/TPA dan guru mengaji.

ABSTRACT

Creating a generation of people with personality and quality based on science and technology, it is necessary to develop children's religious education from an early age in the family environment. The responsibility of parents is very basic in this case to provide religious education to children intensively. On the one hand, parents are also obliged to provide for the family, so that sometimes it can be an obstacle to be able to provide intensive agarna education due to daily activities. This study aims to describe how the implementation of education and Islam in children during the Covid-19 Pandemic in the families of PT. SAMPIT Kotawaringin Regency, as well as to describe the impact of the implementation of Islamic Religious Education on the Covid-19 Pandemic masu children in the family of PT. SAMPIT in Sampit, Kotawaringin Regency.

This type of research is descriptive qualitative research with the case study method as a type of descriptive approach. The subjects of this study amounted to 6 families, namely families who have 2 children aged 6-12 years and in data collection used observation, interview and documentation techniques. Data analysis techniques include data reduction, data presentation and drawing conclusions.

The results of this study are that Islamic religious education in children in the family environment of employees of PT. SAMPIT East Kotawaringin Regency. In its implementation, the six families of these employees try their best in providing guidance for their children's religious education, so that in its implementation it goes well and is in accordance with the Al-Qur'an and Hadith. As for the implementation of these six families using: 1) material: a) of monotheism /aqidah Islamiyah, namely regarding the faith in in Allah SWT: b) the problem of worship, namely the issue of wudu, prayer, fasting, and reading the Al-Qur’an; c) as well as moral problems, namely about courtesy, respect for parents, saying Greetings in and out of the house, regarding the method that is emphasized, namely: 2) using exemplary methods, habituation, stories and advice. 3) Regarding religious education facilities, they always try to meet all the needs of children's religious learning such as religious books (al-qur'an, prayer guide books, ihadah key books, tajwid and iqra textbooks), as well as prayer equipment (Muslim clothes, mukena). and prayer rugs) and 4) regarding time, it is recommended that time is given to children at any time, either at night or on workdays. The impact on the implementation of religious education given during the Covid-19 pandemic has a positive impact, meaning that it continues to run well and they carried it out with enthusiasm based on their religious knowledge, and to increase their children's religious knowledge, they enroll their children in TKA / TPA and reciting teachers.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Pandemi Covid-19
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: fuah fuah marfuah
Date Deposited: 10 Nov 2022 03:32
Last Modified: 10 Nov 2022 03:39
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4295

Actions (login required)

View Item View Item