Pengembangan buku elektronik materi indahnya kebersamaan dengan menggunakan book creator di kelas iv mi

Fitria, Elfa (2021) Pengembangan buku elektronik materi indahnya kebersamaan dengan menggunakan book creator di kelas iv mi. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Elfa Fitria - 1701170071.pdf

Download (2MB)

Abstract

Bahan ajar merupakan sumber belajar yang digunakan pada saat pembelajaran, sehingga mempermudah penyampaian informasi materi pelajaran. Bahan ajar tidak hanya sebatas buku cetak saja, tetapi ada yang berbasis elektronik. Salah bahan ajar berbasis elektronik yang dapat digunakan adalah buku elektronik. Buku elektronik merupakan bahan ajar yang dapat memenuhi kebutuhan siswa pada materi indahnya kebersaman. Maka perlu adanya pengembangan buku elektronik materi indahnya kebersamaan dengan menggunakan book creator dikelas IV MI/SD. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan pengembangan buku elektronik materi indahnya kebersamaan menggunakan book creator d ikelas IV Mi. (2) Mendeskripsikan kelayakan buku elektronik materi indahnya kebersamaan di kelas IV MI.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan atau dikenal dengan Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Dengan teknik dan pengumpulan data hasil wawancara kepada ibu N, observasi, dokumentasi dan angket. Hasil data angket dari ahli media, ahli materi serta uji coba lapangan yang dilakukan kepada guru dan peserta didik kelas IV. Pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdapat lima tahapan yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada penilaian ahli media mendapatkan skor persentase 84,70% pada kategori “Sangat Layak”. Pada penilaian ahli materi mendapatkan skor persentase 94,11% pada kategori “Sangat Layak”. Selanjutnya dilakukan tahap uji coba lapangan. Uji coba guru wali kelas skor persentase 89,33% pada kategori “Sangat Layak”. Uji coba perorangan mendapatkan skor persentase 93,33% pada kategori “Sangat Layak”. Uji coba kelompok kecil mendapatkan skor persentase 81,66% pada kategori “Sangat Layak”. Uji coba kelompok besar yang dilakukan pada siswa kelas IV dengan skor 86,21% pada kategori “Sangat Layak”

ABSTRACT

Teaching materials are learning resources used during learning, thus facilitating the delivery of information on subject matter. Teaching materials are not only limited to printed books, but some are electronic-based. One of the electronic-based teaching materials that can be used is electronic books. Electronic books are teaching materials that can meet the needs of students on the beauty of togetherness. So it is necessary to develop electronic books about the beauty of togetherness by using book creators in class IV MI/SD. This study aims to (1) describe the development of electronic books about the beauty of togetherness using a book creator in class IV Mi. (2) Describe the feasibility of an electronic book on the beauty of togetherness in class IV MI.

This research belongs to the type of research and development or known as Research and Development (R&D). The development model used is the ADDIE model. With techniques and data collection from interviews with Mrs. N, observation, documentation and questionnaires. The results of the questionnaire data from media experts, material experts and field trials were carried out on teachers and fourth grade students. The development in this study uses the ADDIE model which has five stages, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation.

The results of this study indicate that in the assessment of media experts a percentage score of 84.70% in the "Very Eligible" category. In the assessment of material experts, the percentage score of 94.11% in the "Very Eligible" category. The next stage is a field trial. The homeroom teacher trial had a percentage score of 89.33% in the "Very Eligible" category. Individual trials get a percentage score of 93.33% in the "Very Eligible" category. The small group trial got a percentage score of 81.66% in the "Very Eligible" category. Large group trials conducted on fourth grade students with a score of 86.21% in the "Very Eligible" category.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pengembangan bahan ajar
Uncontrolled Keywords: Adytya, W. P. (2017). Pengembangan Buku Elektronik (E-Book) Untuk Pembelajaran Ektrakulikuler Wajib Pramuka di SMK Negeri 11 Semarang. Semarang:Universitas Negeri Semarang. Albi, A & Johan, S. (2018). Metedologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak. Amrulloh, R., Yuliani, & Isnawati, &. (2013). Kelayakan Teoritis Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Materi Mutasi Untuk SMA. Jurnal Berkala Ibniah Pendidikan Biologi, 2(2). Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Bungin, B. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Predana Media Group. Cahyadi, R. A. . (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Model Addie. Education Jurnal, 3(1). Daud, A. (2020). Strategi Guru Mengajar Di Era Milenial. Jurnal Al-Mutharahah, 17(1). Ernawati, I., & Sikardiyono, T. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Jurnal Elinvo, 2(2). Handarini, O. . (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study Form Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3). Jasiah. (2019). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Budaya Lokal di IAIN Palangka Raya. Palangka Raya: IAIN Palangka Raya. Kristina, M., Sari, R. ., & Nagara, E. S. (2020). Model Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19 di Provinsi Lampung. Jurnal Idaarah, IV(2). Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Marinda, L. (2020). Teori Pengembangan Kognitif Jean Piaget dan problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Perempuan & Keislaman, 13(1). Mazrur. (2011). Teknologi Pembelajaran. Malang: Intimedia. Mentari, D., Sumpono, & Ruyani, A. (2018). Pengembagan Media Pembelajaran e-book berdasarkan hasil riset elektroforesis 2-d untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. Journal of science education, 2(2). Muri, Y. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana. Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Journal of Islamic Education, 2(1). Nababan, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Geogebra Dengan Model Pengembangan ADDIE Di Kelas XI SMAN 3 Medan. Junral Inspiratif, 6(1). Octamela, K. ., Sukewen, G., & Ardana, I. . (2019). Pemahaman Matematis Siswa dengan Menggunakan Buku Elektronik Interaktif Berbantuan Geogebra. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 3(2). Pattaufi. (2020). Pengaruh Pemanfaatan Bahan Ajar Berbasis Audio-Visual (Video) Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X Di SMA Negeri 11 Pangkep. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 4(2). Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4). Qhadafi, M. . (2018). Analisis Kesalahan Penulis Ejaan yang Disempurnakan dalam teks Negosiasi Siswa SMA Negeri 3 Palu. Jurnal Bahasa dan Sastra, 3(4). Rusman. (2016). Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Rajawali Pers. Saputro, B. (2017). Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development). Yogyakarta: Aswaja Pressindo. Septianti, N & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Kelas Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1). Seso, M. ., Laksana, D. N. ., & Dua, K. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Bermuatan Multimedia untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas IV Kabupaten Ngada. Journal of Education Technology, 2, 4. Silitonga, I., & Purba, D. . (2020). Pengembangan Bahan Ajar dimasa Pandemi Covid 19, 3, 1. Sudaryono. (2017). Metedologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian & Pengembangan R&D. Bandung: Alfabeta. Suryani, N. (2020). Media Pembelajaran Novatif dan Pengembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Syabrina, M., & Sulistyowati. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Berbasis Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Penelitian Pendidikan & Pembelajaran, 7(1). Syahroni. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer dalam Pembelajaran Matematika Materi Bilangan Pada Kelas 3 SD. Jurnal Formatif, 7(3). Syar, N. ., & Sulistyowati. (2021). Analysis of Student’s Need and Perseption on Integrated Natural Science Worksheet based on Contextual Teaching and Learning. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1). Verdiana, P., Rufi’i, & Djoko, A. . (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Model Diferensiasi Menggunakan Book Creator Untuk Pembelajaran BIPA di Kelas yang Memiliki Kemampuan Beragam. Jurnal Education and Development, 8(4). Widiastuti, E. (2017). Pengembangan Crossword Puzzel Accounting (CPA) Berbasis Elektronik Sebagai Media Pembelajaran Akutansi, XV(1). Yuberti. (2013). Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar dalam Pendidikan. Bandar Lampung: Anugrah Utama Rahaja. Yunita, R. . & H. (2019). Analisis Kemandirian Belajar Siswa sebagai Dasar Pengembangan Buku Elektronik (e-book) Fisika Terintegrasi Edupark. Jurnal Penelitian Pengembangan Fisika, 5(2).
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 08 Nov 2022 08:06
Last Modified: 08 Nov 2022 08:06
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4285

Actions (login required)

View Item View Item