Mahardika, Yovan (2021) Implementasi strategi trading place pada pembelajaran tematik kelas iv di SDN 1 Pangkalan Dewa. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.
Text
Skripsi Yovan Mahardika - 1601170055.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertolak pada permasalahan aktivitas siswa pada saat pembelajaran terutama pada pembelajaran tematik dan penerapan strategi yang hanya terpatok pada penjelasan guru dan buku saja. Sehingga aktivitas siswa terbatas dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui bagaimana aktivitas siswa dalam pembelajaran menggunakan strategi trading place pada pembelajaran tematik. (2) hambatan implementasi strategi trading place pada pembelajaran tematik kelas IV SDN 1 Pangkalan Dewa.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN 1 Pangkalan Dewa dengan jumlah siswa 32 orang, objek penggunaan strategi trading place, teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Sehingga penelitian ini dapat mendeskripsikan pembelajaran tematik menggunakan strategi trading place pada kelas IV SDN 1 Pangkalan Dewa dan menjawab rumusan masalah penelitian dengan menggunakan teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran tematik menggunakan strategi trading place terlaksana dengan baik sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan penggunaan strategi trading place yang terlaksana secara terstruktur. (2) hambatan yang dihadapi yaitu pada fasilitas penunjang pembelajaran secara daring seperti beberapa siswa masih menggunakan handphone milik orang tua karena belum mempunyai handphone sendiri, terbatasnya aplikasi yang digunakan saat pembelajaran karena siswa dan guru belum memahami aplikasi lain seperti zoom, google meet, dll. dan sinyal yang susah juga menjadi hambatan yang sangat sering terjadi pada saat pembelajaran terutama pada saat diskusi.
ABSTRACT
The research background was the problem on students’ activity during learning especially thematic learning and application the strategy that limited only with teachers’ explanation and books. So the their activity limited with learning. Research objectives were (1) to know how was students’ activity in learning when used trading place strategy on thematic learning. (2) problems when implemented that strategy in Fourth Grade at SDN 1 Pangkalan Dewa.
This research was qualitative descriptive, with subjects were 32 students from Fourth Grade at SDN 1 Pangkalan Dewa, while object was trading place strategy, data collection techniques were interview, observation and documentation. Data validation techniques were source and technique triangulation. So this research can described thematic learning used trading place strategy in Fourth Grade at SDN 1 Pangkalan Dewa and answered the research problems used Miles and Huberman model data analysis technique.
The results showed that (1) Thematic learning that used trading place strategy has implemented well appropriate with lesson plan with that strategy which implemented structured. (2) Problems that faced were learning supporting facility in online like some students used parents’ smartphone because they didn’t have it, limited application that can be used for learning because the students and teachers not understand yet other application beside zoom, google meet etc and network problem that often happened during learning especially when discussion.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Tematik |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) |
Depositing User: | puttry puttry ekaputri |
Date Deposited: | 07 Nov 2022 07:43 |
Last Modified: | 07 Nov 2022 07:43 |
URI: | http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4280 |
Actions (login required)
View Item |