Pengembangan e-module berbentuk flipbook pada materi polusi mata pelajaran ipa smk kelas x

Sari, Isroul Lusiana Nur Indah (2021) Pengembangan e-module berbentuk flipbook pada materi polusi mata pelajaran ipa smk kelas x. Undergraduate thesis, IAIN Palangka Raya.

[img] Text
Skripsi Isroul Lusiana Nur Indah Sari - 1701140490.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pengembangan e-module berbentuk flipbook merupakan salah satu sarana yang dapat membantu peserta didik untuk belajar secara mandiri. Melalui e-module berbentuk flipbook peserta didik dapat mudah mengakses secara online dan juga dapat membantu guru dalam menunjang pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk memguraikan langkah-langkah pengembangan, kevalidan dan kepraktisan e-module berbentuk flipbook pada materi polusi mata pelajaran IPA yang di kembangkan. Hasil analisis kebutuhan yang dilakukan pada peserta didik SMK kelas X yang telah mempelajari materi polusi dan guru pengampu mata pelajaran IPA didapatkan hasil e-module berbentuk flipbook yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan pembelajaran peserta didik.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D (penelitian dan Pengembangan) menggunakan model pembelajaran ADDIE karena keterbatasan data, maka sampai tahap implementasi yang disusun secara teratur melalui beberapa tahapan yaitu: Analysis pada tahap ini melakukan analisis kebutuhan terhadap e-module berbentuk flipbook yang dikembangkan, Design pada tahap ini melakukan rancangan desain sesuai konsep apa yang akan diteliti, Development pada tahap ini melakukan pengembangan untuk merealisasikan e-module berbentuk flipbook yang dibuat dalam penelitian berdasarkan hasil validasi desain dan revisi dari validator ahli desain.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-module berbentuk flipbook yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran IPA materi polusi yang diperoleh dari hasil validasi materi 84,37% kriteria “Sangat Valid”, validasi desain 83,33% kriteria “Sangat Valid”. Kepraktisan penggunaan e-module berbentuk flipbook diperoleh dari angket kepraktisan peserta didik dengan presentase 89,23% kriteria “Praktis”, dan observasi keterterapan pembelajaran menggunakan e-module berbentuk flipbook dalam 2 pertemuan diperoleh persentase 4,48% dan 5,63% kriteria “Sangat Baik”. Sehingga dapat diambil kesimpulan e-module berbentuk flipbook pada materi polusi yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam kegiatan pembelajaran.

ABSTRACT

Development e-module Flipbook form is one of the tools that can help students to learn independently. Through an e-module in the form of a flipbook, students can easily access online and can also assist teachers in supporting learning. The purpose of this study was to determine the steps for the development, validity and practicality of the e-module in the form of a flipbook on the pollution material in science subjects that were developed. The results of the needs analysis carried out on class X SMK students who have studied pollution material and teachers in science subjects obtained the results of an e-module in the form of a flipbook that is needed to support student learning activities.

The method used in this research is R&D (research and development) using the ADDIE learning model but is only limited to the implementation stage which is arranged regularly through several stages, namely: Analysis at this stage perform a needs analysis of the e-module in the form of a flipbook that was developed, Design at this stage performs a design design according to the concept of what will be studied, Development at this stage develops to realize the e-module in the form of a flipbook made in research based on the results of design validation and revisions from design expert validators.

Based on the results of research on e-module In the form of a flipbook that was developed, the material validation results obtained 84.37% "Very Valid" criteria, design validation 83.33% "Very Valid" criteria. The practicality of using the e-module in the form of a flipbook was obtained from the student's practicality questionnaire with a percentage of 89.23% with the "Practical" criteria, and the observation of the application of learning using the e-module in the form of a flipbook in 2 meetings obtained a percentage of 4.48%. and 5.63% “Very Good” criteria. So it can be concluded that the e-module in the form of a flipbook on the pollution material developed is valid and practical to be used as teaching material in learning activities.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan E-Module; Pendidikan Biologi
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Jurusan Pendidikan IPA > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: puttry puttry ekaputri
Date Deposited: 28 Oct 2022 07:50
Last Modified: 28 Oct 2022 07:50
URI: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/4261

Actions (login required)

View Item View Item